December 1, 2022

PT Bank Tabungan Negara Tbk dan PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia) bekerja sama menyiapkan skema kredit pemilikan rumah (KPR) khusus untuk mitra pengemudi. Berbagai fasilitas KPR khusus pun disiapkan.

Direktur Utama BTN, Maryono, mengungkapkan, para mitra pengemudi GrabBike bisa mendapatkan fasilitas paket KPR subsidi yang merupakan program bantuan dari pemerintah itu. Di antaranya proses administrasi yang lebih mudah, dengan angsuran harian yang murah sebesar Rp48 ribu.

Kemudian, ada pula suku bunga KPR yang rendah yaitu fixed 5 persen dengan tenor lebih dari 20 tahun. Selain itu, mitra pengemudi akan mendapatkan bantuan uang muka senilai Rp4 juta yang dapat memperingan cicilan harian.

Dia menjelaskan, kerja sama ini merupakan salah satu sinergi BTN dengan swasta untuk mendukung pemerintah mempercepat pencapaian program sejuta rumah. Khususnya, bagi pekerja sektor informal yang memiliki pendapatan tidak tetap.

BTN akan berperan sebagai penyalur KPR subsidi bagi para mitra pengemudi GrabBike yang direkomendasikan oleh Grab.

“Keterlibatan pihak swasta yang menyediakan wadah bagi para pekerja informal, membantu pihak perbankan untuk dapat mengkaji status unbankable mereka menjadi bankable serta meraih fasilitas perbankan untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik,” ujar Maryono dikutip dari keterangan resminya, Rabu 16 Mei 2018.

Dalam tahap awal, kerja sama yang ditandatangani kedua pihak tersebut, BTN membidik sekitar 1.800 mitra pengemudi GrabBike yang berlokasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang maupun Bekasi untuk dapat mengakses fasilitas ini. Potensi nilai KPR subsidi dari Grab untuk pilot project ini sebesar Rp200 miliar.

“BTN terus berekspansi menjangkau pembiayaan perumahan bagi sektor informal agar masyarakat bisa memiliki rumah salah satunya dengan menggandeng mitra GrabBike, sebagai masyarakat berpenghasilan tidak tetap,” tambahnya.

Kerja sama BTN dan Grab Indonesia.

Kerja sama BTN dan Grab Indonesia

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata meyakini, rekam jejak BTN sebagai bank yang fokus pada pembiayaan perumahan, bisa membantu para mitra untuk mendapatkan rumah yang diinginkan. Upaya itu pada akhirnya membuat kesejahteraan mereka meningkat.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat membantu ribuan mitra pengemudi yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mewujudkan impian memiliki rumah,” tuturnya.

Selain di Jabodetabek, fasilitas ini nantinya juga bisa dinikmati oleh para mitra Grab di seluruh Indonesia. Dia mengatakan, saat ini Grab beroperasi di 127 kota di Indonesia.

6 thoughts on “Ada KPR Khusus Mitra Grab di BTN, Cicilannya Rp48 Ribu/Hari

  1. 765317 675562You produced some decent points there. I looked on-line for any dilemma and found most individuals will go in conjunction with along with your website. 937737

  2. 529614 624448Average In turn sends provides is the frequent systems that offer the opportunity for ones how does a person pick-up biological, overdue drivers, what one mechanically increases the business. Search Engine Marketing 65790

Leave a Reply

Your email address will not be published.