June 29, 2022

JAKARTA — Microsoft akan menghadirkan aplikasi Subsistem Windows di lima negara hingga akhir 2022. Lima negara itu yaitu Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Inggris.

Sebelumnya layanan itu sudah hadir secara eksklusif di Amerika Serikat pada awal 2022. Mengutip XDA Developers, Kamis (26/5/2022), kehadiran subsistem Windows untuk Android itu diumumkan berbarengan dengan peluncuran Windows 11 di 24 Juni 2021.

Meskipun aplikasi Android secara resmi hanya tersedia di Amerika Serikat, menginstal Subsistem Windows untuk Android relatif mudah jika Anda berada di negara lain. Jika Anda mengubah pengaturan wilayah di Windows, Anda dapat dengan mudah mendapatkannya dari Microsoft Store.

Dengan adanya pengumuman ini berarti aplikasi Android akan lebih mudah diakses oleh lebih banyak pengguna, yang berarti adopsi yang lebih tinggi secara keseluruhan. Jika platform semakin populer, lebih banyak aplikasi kemungkinan akan datang, membuat platform secara keseluruhan lebih bermanfaat.

Microsoft juga menyebutkan bahwa Subsistem Windows untuk Android sekarang menjalankan versi 12.1 dari Android Open Source Project (AOSP), yang setara dengan Android 12L. Namun, ini tidak sepenuhnya baru, karena pembaruan ini diluncurkan ke Windows Insiders minggu lalu.