October 4, 2022

CUPERTINO – Apple baru saja mengenalkan iPad Pro (2018). Kinerja perangkat tablet ini disokong chipset komputer tablet terbarunya, A12X Bionic.

Bagi mereka yang mengikuti teknologi seluler, ini adalah prosesor seluler tercepat yang pernah dibuat. Pemimpin prosesor saat ini, yakni A12 Bionic bisa kita temukan di seri iPhone XS, yaitu XS Max dan XR.

Laman Phone Arena, Rabu (31/10/2018), menyebutkan, Apple belum merilis angka-angka tertentu terkait peningkatan A12X dari A12. Perusahaan lebih fokus pada perbandingan dengan tablet iPad Pro generasi terakhir dan chip Fusion A10X.

Namun Apple menyebutkan, A12X memiliki 10 miliar transistor. Artinya 45% lebih banyak dibandingkan A12 yang hanya memiliki 6,9 miliar transistor.

Hanya fakta ini tidak berarti A12X akan memiliki kinerja 45% lebih baik daripada versi ponselnya. Karena ada lebih banyak kinerja CPU daripada jumlah transistor semata. Yang pasti ini merupakan indikasi bahwa peningkatan yang solid telah dilakukan pada chip.

Membenamkan iPad-nya dengan chipset yang lebih kuat daripada di iPhone telah lama dipraktikkan oleh Apple. Alasannya, manajemen termal lebih mudah di bagian tabletyang lebih luas dibandingkan bagian dalam ponsel yang sempit. Alasan kedua, iPad dapat menyuplai lebih banyak daya ke prosesor, tanpa membakar pasokan baterai dalam sekejap (iPad memiliki baterai yang jauh lebih besar daripada iPhone).

Apple memang melalui beberapa angka kinerja spesifik untuk mencoba memberi kita lebih banyak konteks tentang seberapa cepat iPad Pro dibandingkan generasi sebelumnya. Chipset A12X Bionik 7nm yang baru akan memungkinkan kinerja inti tunggal hingga 35% lebih baik hingga kinerja multicore 90% lebih baik.

Ini adalah peningkatan yang substansial dan sebagian berkat desain 8-inti yang baru. A10X Fusion di Pro iPad sebelumnya dan A12 di iPhone XS, XS Max dan XR memiliki arsitektur CPU 6-core.

Mengalihkan “persneling” ke GPU baru, kita segera melihat bahwa itu adalah unit 7-inti yang baru dan bukan GPU 4-core yang sama seperti pada A12. Peningkatan pemrosesan grafis dari iPad Pro generasi sebelumnya diperkirakan sangat besar yakni hingga 2x lipat!

Apple bahkan melaporkan statistik yang menyenangkan yakni kekuatan grafis iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci (2018) adalah 1.000 kali lebih besar daripada iPad generasi pertama.

Memang generasi pertama iPad telah berusia 8 tahun, tapi ini masih terdengar seperti jumlah kemajuan yang sangat besar. Apple juga mengklaim iPad barunya akan lebih kuat 92% dari semua PC portabel yang dijual antara Juni 2017-Juni 2018. Tidak jelas apa jenis perangkat PC portabel di sini, tapi dari tampilannya Apple mungkin termasuk semua notebook dan tablet.

Pengembang perangkat lunak akan selalu menemukan cara untuk meningkatkan kekuatan pemrosesan untuk penggunaan yang baik. Adobe telah berjanji untuk merilis Photoshop CC penuh untuk iPad pada 2019.

Sementara demo oleh perusahaan game 2K mengungkapkan permainan NBA 2K Mobile baru dengan grafis berkualitas konsol sedang dikembangkan untuk iPad. Jelas, Apple sendiri juga akan mencari cara untuk menempatkan perangkat kerasnya guna pemanfaatan yang baik. Karena itu perusahaan terus memajukan diri ke bidang Augmented Reality (AR).

4 thoughts on “Apple A12X Bionic Diklaim Sebagai Chipset Mobile Terkuat Saat Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.