February 3, 2023

TEMPO.COJakarta – Wayne Rooney mengaku bingung dengan kritik yang dilontarkan oleh mantan rekan setimnya di Manchester United Cristiano Ronaldo. Laporan Sky Sports, Rooney memilih tak banyak berkomentar atas kritik CR7 sambil memastikan ia tak terlibat permusuhan apapun dengan peraih lima gelar Ballon d’Or tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan TalkTV, Ronaldo menyerang Rooney dengan kritikannya. Serangan itu terjadi setelah Rooney menilai penyerang Portugal itu menjadi gangguan yang tidak diinginkan di Old Trafford. “Saya tidak mengerti, Anda harus mengajukan pertanyaan ini kepadanya. Saya tidak tahu mengapa dia mengkritik saya begitu buruk,” kata Ronaldo soal kritik Rooney.

Ronaldo justru berbalik menyerang Rooney yang kiprahnya di dunia sepak bola profesional berakhir lebih cepat. “Mungkin, karena dia menyelesaikan karirnya di usia 30-an. Saya masih bermain di level tinggi, saya tidak akan mengatakan bahwa saya terlihat lebih baik darinya. Sulit untuk mendengarkan kritik dan hal negatif semacam itu dari orang-orang yang pernah bermain dengan Anda, misalnya Gary Neville juga.”

“Orang-orang dapat memiliki pendapat mereka sendiri tetapi mereka tidak benar-benar tahu apa yang terjadi di dalam tempat latihan di Carrington atau bahkan hidup saya. Mereka harus mendengarkan tidak hanya satu sudut pandang, mereka juga harus mendengarkan sudut pandang saya,” ujar pemain 37 tahun itu. 

“Mereka bukan teman saya. Kritik itu mudah, saya tidak tahu apakah mereka memiliki pekerjaan di televisi yang harus mereka kritik agar lebih terkenal. Saya benar-benar tidak mengerti. Saya pikir mereka memanfaatkan nama saya karena mereka tidak bodoh,” ujar Ronaldo menambahkan.

Rooney telah memutuskan untuk tidak membuat pernyataan publik tentang masalah tersebut. Pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang masa itu selalu menyatakan bahwa Ronaldo adalah salah satu dari dua pemain terbaik di dunia bersama Lionel Messi.

Namun, dia juga merasa bahwa Ronaldo perlu menerima bahwa dia berada di tahap akhir kariernya. Menjadi pemain di klub sebesar Manchester United, menurut dia, berarti menghargai situasi klub sehingga Ronaldo tidak bisa mengharapkan menit bermain secara reguler.

Ditanya apakah Manchester United lebih baik dengan Ronaldo di tim, Rooney mengatakan, “Saya kira tidak. Dia dan Messi bisa dibilang adalah dua pemain terbaik sepanjang masa.”

“Tapi saya hanya memikirkan hal-hal yang telah dia lakukan sejak awal musim. Itu tidak dapat diterima untuk Manchester United. Saya telah melihat Roy Keane membelanya. Roy tidak akan menerima itu. Ini adalah gangguan yang tidak dibutuhkan Manchester United saat ini, ketika mereka mencoba untuk membangun kembali skuad,” ujar Rooney.

“Untuk Cristiano, tundukkan kepalamu dan bekerja dan bersiaplah untuk bermain ketika manajer membutuhkanmu. Jika dia melakukan itu, dia akan menjadi aset. Jika tidak, itu akan menjadi gangguan yang tidak diinginkan,” kata Rooney menambahkan.