May 28, 2022

Jakarta – Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2018, ini ada baiknya mengingat bahwa berekreasi adalah merupakan hak setiap anak. Hal itu tercantum dalam Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014.

Jika ingin mengajatk mereka berekreasi –katakanlah untuk merayakan hari anak nasional ini– tentu tidak harus hari ini karena mereka masuk sekolah. Di hari libur nanti anda bisa mengajak mereka bersantai ke tempat-tempat hiburan, yang tak harus mahal. Di Jakarta, terdapat sejumlah tempat wisata ramah anak yang murah, bahkan gratis.

Berikut ini daftar wisata ramah anak yang patut dicoba untuk disambangi dengan bujet minim.

1. Taman Situ Lembang

Taman ini berlokasi di jantung Kota Jakarta, yakni di Jalan Lembang Terusan, Menteng, Jakarta Pusat. Taman Situ Lembang atau Taman Lembang kini menjadi lokasi favorit untuk jogging atau rekreasi keluarga.

Daya tarik Taman Lembang ialah danaunya yang berada di tengah. Sedangkan di sekitarnya terdapat jogging track dan lahan yang ditanami rerumputan dan pepohonan. Di beberapa titik di taman telah terdapat sarana bermain anak-anak. Misalnya jungkat-jungkit dan perosotan.

Taman ini telah mengalami renovasi terakhir pada 2002 sehingga saat ini layak menjadi destinasi berlibur. Untuk masuk taman, pengunjung tak dipungut biaya sama sekali.

2. Taman Suropati

Tak jauh dari Taman Situ Lembang, masih di kawasan Menteng, tepatnya di Jalan Suropati, terdapat sebuah taman yang tak kalah jadi favorit warga untuk jogging. Adalah Taman Suropati, yang mulanya bernama Burgemeester Bisschopplein.

Taman ini cukup edukatif karena menjadi monumen Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Di sini terdapat patung yang dibuat oleh seniman dari enam negara pendiri ASEAN. Taman pun kerap dipakai untuk aktivitas komunitas, seperti komunitas seni.

Di tengah-tengah taman terdapat air mancur yang menjadi favorit anak-anak untuk bermain. Di sana juga hidup puluhan burung merpati. Burung merpati ini akan menemani anak-anak bermain di taman. Suasananya asri dan cocok untuk rekreasi. Tak dipungut biaya sama sekali bila pengunjung menyambangi taman.

3. Taman Menteng

Taman Menteng berlokasi tepat di tengah Kota Jakarta, tepatnya di Menteng, Jakarta Pusat. Taman ini berdiri di atas lahan seluas 30 hektare. Di sini tumbuh sekitar 30 spesies tanaman berikut keterangannya. Anak-anak yang berkunjung dapat mempelajari jenis-jenis tanaman tersebut.

Ada juga rumah kaca yang biasanya dipakai untuk kegiatan kumpul komunitas atau pertunjukan seni. Taman ini nyaman untuk rekreasi saat akhir pekan. Bila ingin berkunjung, Anda bisa datang pagi-pagi benar. Sebab, saat siang, taman sedikit panas terkena terik cahaya matahari.

4. RPTRA Kalijodo

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) atau Taman Kalijodo telah dikembangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak 2017. Saat itu, taman ini dibangun dan diresmikan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (gubernur sat itu). Semula, kawasan Kalijodo merupakan kawasan lokalisasi yang lantas dipugar.

RPTRA Kalijodo memiliki sejumlah ruang bermain. Mulai ruang bermain skate board sampai futsal. Di sini pula terdapat beberapa spot yang dihiasi oleh grafiti. Pelukisnya ialah para seniman indie Ibu Kota. Di sini, anak-anak bisa berolahraga, bersosialisasi dengan teman seumurannya, atau berfoto di spot foto yang berwarna-warni.

Leave a Reply

Your email address will not be published.