September 28, 2022

Jakarta – Dok, saya mau tanya, kenapa ya setiap saya berada di ruangan ber-AC dan setelah itu keluar terkena sinar matahari dan keringatan, kulit saya (tepatnya di bagian leher dan punggung) selalu gatal? Dan saya juga mengalami pusing yang sangat menyiksa.

Kulit yang gatal tersebut 2 hari kemudian rasanya sakit seperti tertarik dan kulit saya teksturnya seperti plastik. Jika sudah saya olesi bedak gatal lebih dari satu minggu, kulit tersebut kering dan mengelupas. Boleh minta penjelasannya dok?

Erni (Wanita, 24 tahun)

Jawaban

Untuk kasus Mbak Erni, kami belum bisa memastikan penyebabnya. Umumnya apabila berada di ruangan ber-AC akan menyebabkan kering sehingga saat terpapar matahari menjadi tambah kering dan menyebabkan terasa gatal. Kondisi ini bisa juga disebabkan oleh penggunaan krim atau losion yang dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif saat terpapar matahari.

Namun umumnya efeknya hanya lokal di kulit, dan tidak menyebabakan pusing. Untuk detail penyakit dan pengobatannya bisa menghubungi dokter spesialis kulit terdekat.

Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
Instagram @darma181
www.skincentrebali.com (up/up)

2 thoughts on “Dampak Sinar Matahari Pada Kulit Saat Keluar dari Ruangan AC

  1. 677005 268430Hello, Neat post. There is actually a dilemma with your site in internet explorer, could test thisK IE nonetheless could be the marketplace leader and a large portion of folks will leave out your exceptional writing due to this problem. 594983

Leave a Reply

Your email address will not be published.