May 28, 2022

BEIJING – Setelah peluncurannya sempat dibatalkan, hari ini HMD Global secara resmi mengumumkan anggota kedua dari seri smarthone X-nya, yakni X5. Ini adalah smartphone bertakik kedua dari Nokia yang dilahirkan tahun ini. Seperti apa spesifikasi dan kemampuannya?

Dikabarkan sebelumnya, Nokia X5 memamerkan layar LCD IPS 5,8 inci dengan takik di bagian atas layarnya. Ponsel mempunyai resolusi HD 720 x 1.520p dan rasio aspek 19:9.

Untuk jeroannya, media di China menyebutkan, ponsel membawa prosesor 12GHz Octa-core MediaTek Helio P60 yang dipasangkan dengan GPU MP3 Mali-G72, RAM 3 GB dan opsi 4 GB. Varian RAM 3 GB menggabungkan penyimpanan internal 32 GB dan model RAM 4 GB mendapat ruang penyimpanan asli 64 GB. Hebatnya, kedua smartphone dapat memperluas daya ingatnya dengan menggunakan kartu microSD. Nemun pengguna harus mengorbankan slot SIM card keduanya.

Demi keperluan fotografi, Nokia X5 membawa kamera belakang ganda 13 MP + 5 MP dengan fitur kecerdasan buatan (AI), lensa aperture f/2.0, ukuran piksel 1,12um, teknologi autofocus fase pendeteksian. Lalu guna memenuhi kepentingan selfie memanfaatkan sensor 8 MP resolusi tunggal dengan fitur AI dan face unlock.

Selain itu, perangkat mendapatkan fitur Bothie untuk memotret gambar belakang dan depan secara bersamaan. Fotografinya juga mendukung Mode Kamera Pro yang memungkinkan pengguna menyesuaikan pengaturan,contohnya ISO, pencahayaan, white balance, dan masih banyak lainnya.

Didukung baterai 3.060 mAh, Nokia X5 mem-boot Android 8.1 Oreo OS dengan jaminan mendapatkan pembaruan Android P. Sementara fitur konektivitas berkemampuan 4G VoLTE, port USB Type-C, radio FM, WiFi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.2 low energy, GPS dengan A-GPS, GLONASS, dan BeiDou.

Nokia X5 mulai dijual mulai besok (Kamis, 19/7/2018) melalui sejumlah e-commerce dan situs resmi Nokia dalam pilihan warna putih, hitam, dan biru. Opsi RAM 3 GB dasar dihargai Rp2,1 juta dan varian RAM yang lebih tinggi dibanderol Rp3 juta.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada informasi apakah Nokia X5 bakal dipasarkan secara global. Sebelumnya Nokia X6 dijual secara luas dengan nama produk yang berbeda, yakni Nokia 5.1.

Leave a Reply

Your email address will not be published.