Home Health Duduk Berjam-Jam Bisa Menyebabkan Gangguan pada Otak
Duduk Berjam-Jam Bisa Menyebabkan Gangguan pada Otak

Duduk Berjam-Jam Bisa Menyebabkan Gangguan pada Otak

0
0

JAKARTA – Waspada jika Anda terbiasa duduk dalam waktu lama! Peneliti kembali menemukan bahaya di balik kebiasaan tersebut. Duduk selama berjam-jam bisa menyebabkan gangguan pada otak lantaran aliran darah ke otak menjadi terhambat.

Dilansir dari New York Times, kondisi ini bisa mempengaruhi kesehatan otak dalam jangka waktu yang panjang. Pada dasarnya, otak membutuhkan oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah untuk dapat bekerja secara normal. Jika otak kekurangan darah, dalam waktu dekat menyebabkan sulit berkonsentrasi dan mengingat sesuatu.

Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa menyebabkan penyakit neurodegeneratif seperti kemunduran kerja otak atau demensia. Penelitian yang dilakukan oleh Liverpool John Moores University di Inggris yang melibatkan 15 responden dewasa pekerja kantoran menunjukkan, melakukan sedikit gerakan saat seseorang sudah duduk terlalu lama bisa sangat membantu kinerja otak.

Gerakan yang dimaksud adalah berjalan-jalan. Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan perihal kapan dan berapa lama kita seharusnya melakukan aktivitas lain selain duduk.

“Hanya dengan berjalan-jalan sejenak selama 2 menit setiap 30 menit kita duduk dapat mengurangi risiko otak kita kekurangan asupan nutrisi dan oksigen yang didapatkan dari darah,” kata salah satu pemimpin penelitian di Liverpool John Moores University, Inggris, Sophie Carter.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]