May 28, 2022

NEW YORK – Bos Manchester City Pep Guardiola mengaku tidak terkejut dengan agresivitas Liverpool di bursa transfer musim panas 2018. Guardiola menilai The Red semangat menghamburkan jutaan pounds untuk membeli pemain lantaran City telah mengangkat kualitas persaingan di Liga Primer musim lalu.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp telah menggunakan dana yang diperoleh dari penjualan Philippe Coutinho ke Barcelona pada Januari senilai 160 juta euro atau sekitar Rp2,5 triliun untuk memboyong sejumlah pemain, termasuk kiper asal Brasil Alisson Becker dengan memecah rekor transfer dunia, pekan lalu.

Selain Becker, The Reds juga mendatangkan Naby Keita dan Fabinho ke lini tengah dan meningkatkan opsi menyerang mereka dengan penandatanganan pemain sayap Swiss Xherdan Shaqiri. Total, Liverpool menggelontorkan 174 juta pounds (Rp3,3 triliun) sejauh ini.

Guardiola, sejatinya juga menghabiskan dana besar di timnya sejak bergabung dengan City pada 2016. Itu sebabnya mantan pelatih Barcelona yang memenangkan Liga Primer musim lalu dengan rekor 100 poin, tersebut tidak mengkritik pendekatan Klopp dalam membangun kekuatan tim.

“Setiap klub, lakukan apa yang mereka yakini, dan saya memahaminya,” kata Guardiola dalam konferensi pers, Selasa (24/7/2018), menjelang pertandingan International Champions Cup (ICC) 2018, City vs Liverpool di antara kedua klub di MetLife Stadium, East Rutherford, New York, Rabu (25/7/2018) waktu lokal atau Kamis (26/7/20180 pukul 07.00 WIB.

“Saat Liverpool meyakini mereka harus membelanjakan uang untuk pemain, itu karena mereka percaya, itulah yang terbaik untuk mereka.”

“Musim lalu kami meningkatkan level Liga Primer dengan 100 poin. Levelnya di sini, sekarang kami mencoba untuk mengambil level, setiap tim mencoba untuk melakukan yang lebih baik dan lebih baik.”

Rekor 100 poin milik City menghasilkan selisih 19 angka lebih banyak dari peringkat kedua Manchester United dan 25 lebih banyak dari Liverpool, yang menempati posisi keempat.

Rival City telah memperkuat tim jelang pembuka musim, namun Guardiola mengaku puas dengan pasukannya setelah menandatangani penyerang Riyad Mahrez dari Leicester City yang menyentuh rekor transfer klub senilai 60 juta pound.

“Kami akan memutuskan, tetapi pada saat ini skuat kami cukup bagus,” tambah pelatih Spanyol itu. “Kami memiliki pemain di setiap posisi. Kami akan melihat di hari-hari terakhir apakah akan menandatangani satu pemain lagi atau menunggu.”

Pasukan Guardiola akan memulai kampanye liga mereka melawan Arsenal pada 12 Agustus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.