Home Business Harga BBM dan Listrik Tak Naik, Rupiah Bisa Tembus Rp16.000/USD
Harga BBM dan Listrik Tak Naik, Rupiah Bisa Tembus Rp16.000/USD

Harga BBM dan Listrik Tak Naik, Rupiah Bisa Tembus Rp16.000/USD

0
0

JAKARTA – Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang mengatakan, salah satu sumber terbesar (current account deficit/CAD) kemungkinan hingga April 2019 sulit untuk dinaikkan, yakni harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif dasar listrik (TDL).

Edwin menjelaskan keduanya tidak naik karena tahun politik. Namun selama harga BBM dan TDL tidak dinaikkan dan berubahnya Indonesia menjadi negara manufacturing dari negara komoditas, bisa membuat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) menembus Rp16.000 per USD.

“Maka tidak berlebihan jika 3 bulan mendatang bukan mustahil rupiah berpeluang menuju Rp16.000 per USD,” ujarnya di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Sementara, Edwin menjelaskan, untuk IHSG diperkirakan masih akan bergerak dalam kisaran terbatas cenderung turun merujuk pada rupiah yang jatuh menuju Rp14,900 per USD dan naiknya yield obligasi Indonesia tenor 10 tahun yang sudah dilevel 8,23%.

Sebelumnya, Edwin sudah memperkirakan rupiah menuju Rp14.800 per USD. Dan ternyata menjadi kenyataan karena kemarin ditutup di level Rp14,820 per USD.

“Level terendah selama 20 tahun. Seperti yang sudah-sudah, menjelang ke level Rp15.000 per USD yang sudah di depan mata, pemerintah mulai sibuk panggil menteri kiri dan kanan untuk meeting, larang sini dan sana,” pungkasnya.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]