December 10, 2022

TEMPO.COJakarta – Brasil tampil gemilang dengan menundukkan Serbia 2-0 dalam penyisihan Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Qatar, Jumat dini hari, 25 November 2022. Dua gol Brasil diborong oleh Richarlison pada menit 67 dan 72. Gol pertama Richarlison memanfaatkan bola muntah kiper Serbia yang gagal menepis dengan baik tendangan Vinicius Junior.

Adapun gol kedua Richarlison yang ia ciptakan dengan indah, juga atas peran Vinicius. Pemain sayap Real Madrid itu menyodorkan umpan ke kotak penalti pada Richarlison. Berikutnya Richarlison mengontrol bola dengan satu sentuhan lalu mengantamnya dengan tendangan salto hingga menghunjam ke jala gawang Serbia.

Secara keseluruhan Brasil mendominasi jalannya laga sejak menit awal babak pertama. Neymar mampu menghidupkan serangan lini depan Brasil dan menciptakan sejumlah peluang.

Determinasi Neymar ditunjang oleh pergerakan apik Raphinha dan Casemiro di sektor tengah. Serbia, kendati beberapa kali mampu menerobos pertahanan Brasil, namun selalu dimentahkan oleh lini belakang juara dunia lima kali itu yang dipimpin kapten Thiago Silva.

Pada babak kedua pelatihTite menarik keluar Neymar yang cidera, Vinicius Junior serta Richarlison yang nampak kelelahan. Meski demikian Tite tetap menampilkan strategi menyerang. Ia memasukkan Gabriel Jesus dan Anthony untuk mempertahanan gedoran-gedoran Brasil.

Hingga pertandingan usai Brasil tak menambah gol meskipun beberapa peluang emas diciptakan oleh Gabriel Jesus dan Rodrygo.