December 7, 2022

Jakarta – Hiroshima Peace Memorial Museum dan Atomic Bomb Dome baru saya lewati. Sayang sekali tidak ada kesempatan untuk singgah. Bangunan yang menyimpan jejak pengeboman pada masa Perang Dunia II itu dengan cepat menghilang dari pandangan mata. Tujuan saya hari itu di Prefektur Hiroshima, adalah Pulau Miyajima di Kota Hatsukaichi. Lokasi itu ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Hiroshima.

Pulau kecil ini terkenal dengan Kuil Itsukushima yang kerap muncul di berbagai brosur wisata. Biasanya yang dimunculkan adalah gerbang torii besar berwarna oranye di laut. Saat air pasang, gerbang torii berwarna oranye setinggi 16,8 meter itu pun seperti mengambang di laut. Sayang saya datang ketika air tengah surut. Namun, dengan kondisi ini saya bisa berjalan mendekat ke arah gerbang torii.

Kuil yang berumur 1400 tahun ini memang populer di kalangan wisatawan. Tak mengherankan ketika saya tiba di Miyajimaguchi, dermaga kapal feri menuju Pulau Miyajima, bus-bus pariwisata sudah berjajar. Pulau di  Seto Inland Sea ini terlihat jelas dari seberang dan hanya perlu 10 menit untuk mencapainya.

Pemandu wisata mengingatkan, kapal yang membawa kembali tiba sekitar pukul 14.00. Jadi hanya ada waktu sekitar dua jam menjelajahi pulau yang tak hanya memiliki kuil Shinto di tepi pantai ini, tapi juga pagoda umat Budha di daerah perbukitan.

Walhasil, begitu keluar dari dermaga, saya langsung melangkah cepat menuju gerbang torii yang mengambang. Setelah melewati gerbang utama, yang menyambut pertama adalah rusa-rusa yang berkeliaran. Ada petunjuk arah menuju kuil sekitar 600 meter. Ada pula arah menuju Miyajima Aquarium dan Momijidani Park sekitar 1 kilometer.

 

Di sisi kanan, tampak deretan kios yang menjajakan oleh-oleh dengan model bangunan lawas era Edo. Salah satu yang unik adalah abang becak Jepang alias jinriksha yang murni menggunakan tenaga orang.

Alangkah puasnya bila bisa bermalam dan mencicipi ryokan, rumah  lokal dan suasana khas kawasan wisata ini, serta mencicipi aneka hidangan lautnya.  Hanya saya cuma punya waktu dua jam. Tak lama, torii tampak terlihat semakin dekat, saya pun berjalan lebih cepat dengan senyum lebar. Bangunan itu berdiri megah di Teluk Matsushima. Di sisi lain, ada bukit hijau bagian dari Gunung Misen dan di belakangnya tampak kuil yang saat itu bagian bawahnya juga  kering karena air laut tengah surut.

Akhirnya tiba juga saya di depan pintu masuk kuil dengan arsitektur ryonagare-zukuri karya Tairo no Kiyomori itu. Baru beberapa langkah, saya menemukan deretan gentong-gentong sake, kemudian tempat sembahyang yang hening. Ada beberapa orang tengah berdoa khusyuk. Saya bergeser mengelilingi bagian kuil lain dan menuju pintu ke luar di sisi lain. Saya menemukan toko-toko lawas lagi dengan pajangan berbagai suvenir lokal.

 

Ada berbagai petunjuk arah, termasuk menuju rope way. Tak hanya wisata sejarah dan budaya yang bisa dinikmati di pulau ini. Berada di Gunung Misen dengan hutan yang dijaga, turis bisa hikingdengan jalur mendaki dan teduh karena ada pepohonan. Untuk menikmati keindahan gunung dari ketinggian, disediakan kereta gantung.

Ada dua hal lain yang tidak boleh dilewatkan di pulau yang berada di Prefektur Hiroshima ini, yakni mencicipi kue beras mijimanjyu dan menyimak sendok nasi raksasa sepanjang 7,7 meter dengan berat 2,5 ton. Kedua hal itu tidak saya lewatkan meski dengan langkah tergesa-gesa. Maklum, kapal feri sudah menanti!

5 thoughts on “Indahnya Kuil Itsukushima di Pulau Miyajima Hiroshima

  1. 986332 471268I just want to tell you that Im extremely new to weblog and honestly liked this internet internet site. Far more than likely Im planning to bookmark your weblog post . You undoubtedly come with exceptional articles and reviews. Bless you for sharing your web internet site. 719257

  2. 781708 692918This is going to be a fantastic site, may possibly you be interested in doing an interview about how you developed it? If so e-mail me! 664696

  3. 180262 386243Exceptional weblog here! Moreover your internet site rather a good deal up quickly! What host are you the usage of? Can I get your affiliate link to your host? I wish my internet site loaded up as rapidly as yours lol 271375

  4. 704158 546778hi and thanks for the actual blog post ive lately been looking regarding this specific advice on-line for sum hours these days as a result thanks 458623

  5. 496293 159184Average In turn sends provides will be the frequent systems that give the opportunity for ones how does a person pick-up biological, overdue drivers, what one mechanically increases the business. Search Engine Marketing 149993

Leave a Reply

Your email address will not be published.