February 3, 2023

TEMPO.COSurakarta – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan para pedagang di saat Car Free Day (CFD) Solo tetap dapat berjualan saat berlangsung kirab kereta kencana yang akan membawa pengantin baru, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, beserta keluarga Presiden Jokowi pada Ahad, 11 Desember 2022. “Selama CFD, pedagang, warga yang beraktivitas, ingin olahraga, jajan, mengajak anak-anaknya bermain seperti biasanya, silakan saja. Untuk pedagang juga silakan berjualan seperti biasa,” ujar Gibran di Balai Kota Solo, Senin, 5 Desember 2022.

Sebagai informasi, CFD Solo diberlakukan setiap hari Ahad di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo. Adapun kirab kereta kencana dalam acara Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina akan menempuh rute di sebagian jalan raya itu, dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran, tempat digelar tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina.

Masyarakat Dapat Menyaksikan Kirab Kereta Kencana

Gibran yang juga ditunjuk sebagai salah satu juru bicara acara pernikahan Kaesang dan Erina itu menambahkan masyarakat juga diperbolehkan menyaksikan kirab kereta kencana itu.  Bahkan putra sulung Jokowi itu mengungkapkan saat kirab berlangsung, pihak keluarga akan membagi-bagikan makanan dan bingkisan untuk warga. 

“Rencananya nanti saat kirab itu, keluarga membagikan sedikit makanan dan bingkisan kepada warga yang berada di beberapa titik CFD, utamanya di sepanjang rute yang dilalui kirab,” ujarnya.

Meski nantinya ada pembagian makanan dan bingkisan, Gibran berpesan kepada masyarakat atau pengunjung di CFD itu agar tetap melarisi barang dagangan para pedagang di sana. “Jangan lupa, warga yang ingin nonton kirab (pernikahan Kaesang dan Erina) di CFD, pedagang-pedagang di sana juga dilarisi,” ucapnya. 

Di acara tasyakuran nanti, Presiden Jokowi akan menerima ribuan tamu. Adapun saat berlangsung akad nilkah di Pendopo Ambarrukmo pada Sabtu, 10 Desember 2022, tamu yang hadir amat terbatas. Kemarin, sebelum mengikuti kumbokarnan atau rapat akhir persiapan pernikahan Kaesang-Erina di Solo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sudah memastikan  kesiapan acara akad nikah bersama ibunda calon mempelai wanita di Yogyakarta.