December 6, 2022

BolaRakyat – Korea Utara dan Korea Selatan sepakat untuk mengadakan pertemuan puncak di Pyongyang pada September mendatang. Kesepakatan ini diperoleh setelah digelar pembicaraan dengan pejabat tingkat tinggi di Zona Demiliterisasi.

“Kedua pihak setuju untuk menggelar KTT Korut-Korsel di Pyongyang pada September sesuai dengan rencana,” demikian pernyataan dikeluarkan oleh kedua perwakilan, dikutip dari AFP, Senin (13/8).

Namun demikian, pernyataan itu tidak menyebutkan tanggal pasti pertemuan tersebut.

Jika berjalan lancar, maka ini akan menjadi perjalanan pertama Presiden Korsel ke Korut selama lebih dari satu dekade. Presiden Moon Jae-in memang secara gencar melakukan berbagai upaya agar hubungan memanas kedua negara mencair.

Meski perselisihan dan sanksi ekonomi masih diberikan kepada Korut oleh Amerika Serikat akibat program nuklirnya, namun kerja sama ekonomi dengan Korsel semakin membaik.

“Pertemuan puncak pada September mendatang akan dijadikan sebagai strategi oleh Korut untuk menemukan terobosan dalam pembicaraan buntu dengan AS,” kata pengamat dari Institut Kebijakan Asan, Go Myong-hyun.

“Sementara bagi Korsel, Presiden Moon ingin meningkatkan hubungan antar-Korea setelah tidak ada kemajuan dalam pertemuan AS-Korut,” tambahnya.

 

 

 

SUMBER

4 thoughts on “Korut-Korsel adakan KTT pada September mendatang

  1. 754549 720787I came towards the exact conclusion as effectively some time ago. Wonderful write-up and I will likely be positive to look back later for much more news. 208284

  2. 887639 736101Great paintings! This really is the kind of info that really should be shared about the internet. Disgrace on Google for now not positioning this publish upper! Come on more than and speak over with my website . Thanks =) 681000

Leave a Reply

Your email address will not be published.