Home DUNIA Lagi, Filipina Diserang Bom
Lagi, Filipina Diserang Bom

Lagi, Filipina Diserang Bom

0
0

Jakarta – Sebuah bom meledak di dekat sebuah warnet (warung internet) di kota Isulan, wilayah selatan Filipina, Minggu, 2 September 2018. Serangan ini menewaskan satu orang dan 15 orang luka-luka.

Dikutip dari brisbanetimes.com pada Senin, 3 September 2018, Angkatan Bersenjata Filipina mending kelompok radikal Pembebasan Bangsamoro atau BIFF dalang dibalik serangan ini. BIFF adalah sebuah kelompok kecil garis keras yang terkait dengan kelompok radikal Negara Islam Irak-Suriah atau ISIS.

 

Komandan militer kota Isulan, Provinsi Sultan Kudarat, Filipina, Cirilito Sobejana, mengatakan bom yang meledak di warnet adalah bom rakitan. Tiga dari total 15 korban luka-luka dalam kondisi kritis.

“Kami untuk sementara menutup kota Isulan karena kami tidak ingin pelaku melarikan diri. Kami sangat yakin pelaku masih berada di dalam kota ini,” kata Sobejana.

 

Serangan bom pada Minggu, 2 September 2018, adalah yang kedua yang terjadi dalam waktu berdekatan di wilayah yang sama. Sebelumnya pada Rabu, 29 Agustus 2018, sebuah bom yang diletakkan di sebuah tas meledak di dekat sebuah pasar malam di kota Isulan. Musibah ini menewaskan tiga orang dan 35 orang luka-luka.

Pada 31 Juli 2018, sebuah bom meledak di wilayah selatan Provinsi Basilan. Peristiwa ini menewaskan 11 orang, termasuk pelaku serangan yang seorang warga negara asing. ISIS mengklaim serangan ini.

Dalam beberapa pekan terakhir, pasukan militer Filipina di wilayah selatan telah bersiaga menyusul laporan intelijen bahwa militan garis keras di wilayah itu berencana melakukan pengeboman di fasilitas-fasilitas umum. Militan garis keras di selatan Filipina dilaporkan pula telah mengalami kemunduran karena pertempuran dengan pasukan keamanan.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]