September 30, 2022

Peneliti LSI Denny JA, Adji Al-Faraby menilai, komentar atau kritik yang dilontarkan Amien Rais tidak berdampak produktif terhadap Partai Amanat Nasional (PAN). Kritik itu dikhawatirkan malah merugikan PAN dalam menghadapi Pemilu 2019.

Bahkan, kritik Amien Rais berdampak buruk untuk Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan yang juga Wakil Ketua Umum PAN. Kini, Taufik jadi tersangka dan ditahan KPK terkait kasus dugaan suap dana alokasi khusus Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah pada APBN Perubahan 2016.

“Kita lihat kritik-kritik Pak Amien tidak produktif juga untuk PAN, artinya dari sisi elektoral PAN. Buktinya sejauh ini Pak Amien sosok yang paling getol mengkritik pemerintah. Menurut saya tidak produktif komentar-komentar Pak Amien,” kata Adji dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 3 November 2018.

Menurut dia, sikap yang diperlihatkan Amien Rais selaku mantan Ketua Umum PAN memang lebih searah dengan sikap oposisi pemerintah. Apalagi, posisi partai yang diketuai Zulkifli Hasan ini kalau dilihat sebetulnya tidak jelas.

“Kalau menurut saya memang sikap Pak Amien ini kan searah dengan sikap oposisi, artinya dia mengkritik pemerintah karena posisinya berhadapan dengan petahana untuk saat ini,” ujarnya.

KPK menetapkan Taufik Kurniawan dan Ketua DPRD Kebumen Cipto Waluyo sebagai tersangka. Taufik diduga menerima sekurang-kurangnya Rp 3,65 miliar dari Yahya Fuad selaku Bupati Kebumen.

Diduga, Yahya memberikan suap itu kepada Taufik terkait perolehan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pada APBN-P 2016. Kemudian, KPK memanggil Taufik sebanyak dua kali untuk diperiksa tapi tak hadir.

Akhirnya, Taufik mengirim kuasa hukumnya untuk menjadwalkan kembali pemeriksaan ulang pada tanggal 8 November 2018. Namun, Taufik tiba-tiba datang ke Gedung KPK pada Jumat, 2 November. Setelah diperiksa KPK, Taufik akhirnya ditahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.