September 30, 2022

 London – Seniman lukis jalanan asal Inggris, Banksy, mengejutkan dunia seni setelah lukisannya, yang laku terjual miliaran rupiah dalam pelelangan Sotheby’s, tiba-tiba hancur dengan sendirinya.

“Sepertinya kita terkena aksi Banksy,” kata Alex Branczik, kepala seni kontemporer Sotheby’s di Eropa, seperti dilansir Channel News Asia pada Sabtu, 6 Oktober 2018 waktu setempat.

Lukisan kanvas berjudul “Gadis dengan Balon” itu terjual dengan harga US$1.4 juta atau sekitar Rp22 miliar pada Jumat, 5 Oktober 2018.

Seusai ketukan palu terakhir tanda lukisan itu terjual kepada salah satu penawar, kertas kanvas lukisan itu turun ke bawah bingkai dan terurai. Rupanya, ada mesin pengurai kertas terpasang pada bagian bawah bingkai besar lukisan itu.

Banksy mengunggah peristwia ini lewat akun Instagram terverifikasi @banksy dengan unggahan foto yang disertai tulisan,”Going, going, gone…”

Pengelola rumah lelang Sotheby’s mengaku terkejut dengan peristiwa ini. Sebelum pelelangan, pengelola mengatakan lukisan itu merupakan elemen integral dari karya lukis pilihan Banksy sendiri.

“Rumah lelang itu sedang mendiskusikan langkah berikutnya dengan si pembeli, yang tidak diungkap identitasnya,” begitu dilansir USA Today.

Namun, beberapa pengamat seni mengatakan lukisan “Gadis dengan Balon” itu kemungkinan bernilai lebih tinggi karena berubah menjadi terurai.

“Kita belum pernah mengalami kejadian seperti ini sebelumnya. Kita masih sibuk memikirkan apa arti peristiwa ini dalam konteks sebuah pelelangan,” kata Branczik.

Sebelum Banksy, seniman asal Jerman, Gustav Metzger, mempelopori lukisan yang hancur dengan sendirinya. Dia sengaja melukis menggunakan campuran zat asam tertentu yang ‘memakan’ kertas kanvas lukisan.

Banksy mulai terkenal sebagai seniman lukis lewat lukisan grafiti di daerah Bristol, Inggris. Dia kerap menggambar grafiti yang cenderung kontroversial misalnya polisi berciuman, polisi huru-hara dengan senyuman kuning, dan simpanse dengan tulisan ‘tertawa sekarang tapi suatu hari nanti saya yang berkuasa’. Identitas sebenarnya Banksy hingga kini masih misterius.

5 thoughts on “Lukisan Banksy Seharga Rp 22 Miliar Rusak Sendiri Usai Pelelangan

  1. 68855 77965Chaga mushroom tea leaf is thought-about any adverse health elixir at Spain, Siberia and lots of n . Countries in europe sadly contains before you go ahead significantly avoidable the main limelight under western culture. Mushroom 971257

  2. 202698 828699I just could not go away your web site before suggesting that I extremely enjoyed the usual info a person supply to your guests? Is going to be back ceaselessly to be able to inspect new posts. 18193

  3. 743451 652488After study some with the content for your web site now, i genuinely as if your technique of blogging. I bookmarked it to my bookmark web site list and are checking back soon. Pls have a look at my internet site too and told me should you agree. 198119

Leave a Reply

Your email address will not be published.