October 5, 2022

Lombok tidak hanya terkenal dengan Gili Trawangan atau Gunung Rinjani. Banyak destinasi wisata lain yang menarik di Lombok.

Salah satunya, wisata di bukit Batu Idung. Objek wisata ini terletak di Kecamatan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jaraknya sekitar 3 kilometer (km) dari Pelabuhan Lembar. Pengunjung dapat menuju ke sana melalui Desa Nyur Lembang.

Pengunjung harus melajukan motornya melalui jalan setapak yang dibuat warga dengan lebar sekitar 1,5 meter. Lokasi melintas dengan kemiringan 35 derajat ini membuat pengunjung sedikit tertantang. Namun, jalan tersebut hanya dapat dilintasi kendaraan roda dua. Jika membawa mobil, maka harus berjalan kaki dengan jarak sekitar 700 meter.

Saat tiba di tempat parkir motor, pengunjung dikenai tarif Rp5.000 per motor. Setelah itu,  pengunjung harus berjalan kaki menaiki bukit dengan jarak sekitar 200 meter. Tiba di bukit Batu Idung, pengunjung dapat menikmati keindahan alam di buminya orang Sasak ini.

Keindahan Lombok Barat dapat dilihat dari atas bukit. Bahkan, kokohnya Gunung Rinjani dapat dilihat dengan jelas. Di sana terdapat beberapa spot selfie yang dibuat warga. Pengunjung pun dapat berfoto dengan latar pemandangan alam yang indah. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat indahnya ‘telur naga’ atau matahari terbenam di sore hari.

Pengunjung bisa menyaksikannya di atas ayunan yang mengarah ke pemandangan matahari terbenam. Silau lembayung senja dan hembusan angin sore bakal menghangatkan kulit Anda.

Lokasi wisata yang dikelola secara swadaya olah masyarakat lokal ini masih baru. Di sini ada dua gazebo untuk bersantai. Tak cuma menikmati pemandangan, di sini juga ada makanan dan minuman ringan dengan harga yang tidak berbeda dari harga pasaran.

Jika Anda ingin berkemah, warga telah menyiapkan lokasi kemah di atas bukit. Tidak hanya matahari terbenam, Anda juga dapat melihat terbitnya sang fajar.

2 thoughts on “Melihat Cantiknya ‘Telur Naga’ dari Atas Bukit Batu Idung Lombok

Leave a Reply

Your email address will not be published.