Home Health Mengenal Radang Kandung Empedu, Penyakit yang Pernah Diderita Raja Salman
Mengenal Radang Kandung Empedu, Penyakit yang Pernah Diderita Raja Salman

Mengenal Radang Kandung Empedu, Penyakit yang Pernah Diderita Raja Salman

0
0

RIYADH – Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud , pemimpin Kerajaan Arab Saudi, pernah dirawat di rumah sakit pada Juli 2020. Saat itu, dia diagnosis menderita radang kandung empedu dan harus menjalani operasi, serta perawatan di rumah sakit selama 10 hari.
Meskipun begitu, pihak kerajaan menuturkan bahwa Raja Salman berada dalam kondisi baik. Di usianya yang sudah memasuki 84 tahun, sang raja terbilang masih prima. Dia masih aktif melakukan berbagai kegiatan.

Seperti apakah penyakit radang kandung empedu atau dikenal sebagai kolesistitis ini?Kolesistitis umumnya disebabkan oleh adanya penyumbatan pada saluran empedu. Hal ini mengakibatkan cairan empedu tidak bisa keluar atau terperangkap di dalam kandung empedu.

Umumnya, penyumbatan ini diakibatkan oleh timbulnya batu empedu. Tetapi, dalam beberapa kejadian, peradangan kandung empedu juga bisa terjadi akibat infeksi bakteri, gangguan pada pembulu darah dan tumor pada saluran empedu.Berdasarkan situs kesehatan yang berbasis di Inggris, Patient, penyakit batu empedu ini bisa diderita siapa saja tanpa mengenal usia. Namun, risiko akan lebih besar bagi mereka yang sudah berusia di atas 40 tahun.

Sementara itu, sebuah artikel jurnal Keluarga Sehat Sejahtera berjudul “Mengenal Penyakit Batu Empedu” menyebut bahwa hampir 50% penderita tidak merasakan gejala apapun. Sedangkan 30% penderita lainnya merasakan nyeri dan 20% sisanya lagi berkembang menjadi komplikasi. Jurnal ini juga menyebutkan bahwa jika rata-rata diagnosis awal yang diterima penderita adalah maag.



Untuk mengangkat batu kandung empedu biasanya melalui operasi atau pembedahan. Dalam dunia kesehatan, ada dua jenis pembedahan yang biasanya dilakukan yakni pembedahan terbuka dan pembedahan tertutup.Satu hal yang patut diperhatikan bagi para penderita penyakit ini adalah soal makanan.

Penderita tidak boleh mengonsumsi telur, daging berlemak, makanan yang digoreng menggunakan minyak bekas atau minyak yang sudah digunakan lebih dari sekali dan makanan kemasan. Untuk santapan yang dianjurkan oleh penderita batu empedu adalah buah-buahan (apel, jeruk dan semangka) serta sayuran seperti wortel, brokoli dan bayam.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]