May 29, 2022

MICHIGAN – Pelatih Manchester United (MU) Jose Mourinho tak menutupi rasa kecewanya kepada direksi klub. Dia menyampaikan curahan hati (curhat) kepada wartawan karena daftar pemain yang disodorkan ke klub belum ada realisasi dari CEO MU Ed Woodward.

Setidaknya ada lima pemain yang disodorkan MU. Ada bek Harry Maguire (Leicester City), Toby Alderwireld (Tottenham Hotspur), Raphael Varane (Real Madrid), Jerome Boateng (Bayern Muenchen), hingga Milan Skriniar (Inter Milan). Namun, sejauh ini tidak ada satu pun nama yang mendarat. MU justru mendatangkan tiga pemain, yakni Diogo Dalot (19 juta poundsterling) fullbek kanan, Fred (52 juta poundsterling) di lini tengah, dan Lee Grant (1,5 juta poundsterling) penjaga gawang. “Sebenarnya saya telah memberikan daftar lima pemain kepada klub sejak beberapa bulan lalu. Saya masih menunggu dan melihat perkembangannya,” ujar Mou, dilansir BBC.

Kekecewaan Mou berbanding lurus dengan kinerja MU. The Red Devils kembali menelan pil pahit seusai tumbang 1-4 dari Liverpool pada laga International Champions Cup (ICC), Minggu (29/7). “Sekarang saya menginginkan dua pemain lagi. Saya pikir kami tidak bisa mendapatkan keduanya. Tapi, satu pemain mungkin lebih memungkinkan,” ujarnya. Kekalahan di Michigan Stadium memperlihatkan kurang menyakinkannya laju MU sepanjang tur pramusim ini. Pada tiga laga uji coba sebelumnya mereka baru mengoleksi satu kemenangan saat menjalani adu penalti melawan AC Milan dengan skor 9-8.

Dua laga lain berakhir imbang yakni 1-1 melawan America (20/7) dan ditahan tanpa gol oleh San Jose Earthquakes (23/7). “Jika memungkinkan berarti itu mungkin. Jika tidak, ya tidak. Jadi, kalau (transfer) itu terjadi, bagus. Jika tidak, kami terus berjuang dan bekerja dan mempercayai para pemain yang ada,” katanya. Menanggapi hasil buruk melawan Liverpool, Mou mengkritisi kepemimpinan wasit Ismail Elfath yang dianggapnya merugikan timnya. The Special Onemengacu pada dua penalti yang didapat Liverpool pada menit ke-28 (Sadio Mane) dan 74 (Sheyi Ojo). Dua gol Liverpool lain dicetak Daniel Sturridge (60) dan Xherdan Shaqiri (82), sedangkan satu-satunya gol MU dilesakkan Andreas Pereira (31).

Mou menambahkan, laga di Michigan Stadium bukan MU yang sebenarnya. Juru taktik asal Portugal tersebut bahkan menegaskan sebagian besar pemain yang tampil tidak masuk dalam rencananya musim depan. Dia bahkan menyebut, laga turnamen ICC tidak sepenuhnya menarik. Bagus dari sisi atmosfer, tapi belum secara kualitas.

“Jika saya adalah mereka (para pendukung), saya tidak akan datang. Saya tidak akan menghabiskan uang saya menonton kedua tim ini. Saya menonton Chelsea versus Inter sebelumnya dan orang-orang memutuskan bahwa pantai lebih baik. Stadion itu kosong,” tandasnya, Mou menjadikan dua laga ujicoba berikutnya melawan Real Madrid, Rabu (1/8), dan Bayern Muenchen, Minggu (5/8), sebagai ajang pemanasan sebelum menghadapi Leicester City pada laga pembuka Liga Primer, Jumat (10/8).

Mantan pelatih Real Madrid dan Inter Milan itu berharap pemain-pemain yang berlibur akan segera kembali. Begitu juga dengan yang mengalami cedera seperti Antonio Valencia dan Chris Smalling. “Ini bahkan bukan 30% skuad utama saya. Bagaimana dengan Paul Pogba, Marouane Fellaini, Marcus Rashford, Jesse Lingard, Nemanja Matic, Romelu Lukaku, dan Valencia? Mereka adalah skuad kami,” paparnya Valencia telah dikirim pulang karena cedera betis dan penandatanganan baru Diogo Dalot dikesampingkan hingga September karena masalah lutut. Nemanja Matic, Sergio Romero, Chris Smalling, dan Luke Shaw absen saat dikalahkan Liverpool karena cedera.

Sementara Paul Pogba, Romelu Lukaku, Victor Lindelof, Marcos Rojo, Marouane Fellaini, Ashley Young, Phil Jones, Jesse Lingard, dan Marcus Rashford belum kembali ke pelatihan berikut Piala Dunia. Matic bahkan diragukan bisa bermain pada pertandingan pembukaan musim Liga Premier melawan Leicester pada 10 Agustus di Old Trafford setelah menjalani operasi di Philadelphia. Cedera itu didapatkan Matic saat Piala Dunia dengan cedera. Sekarang Matic pergi menemui spesialis top dunia sehubungan dengan cedera seperti ini dan dia tidak meninggalkan rumah sakit. “Dia segera dioperasi agar tidak kehilangan lebih banyak waktu, jadi tidak ada Matic,” tuturnya.

Smalling mengalami cedera saat pemanasan, sedangkan bek Eric Bailly, menerima sedikit masalah pada laga melawan AC Milan, di Los Angeles. Di kubu lawan, Liverpool dibuat tersenyum oleh pemain-pemain anyarnya. Shaqiri menjadi pusat perhatian dengan gol akrobatiknya ke gawang MU, plus memberi assistgol Sturridge. Shaqiri merupakan satu dari empat pemain yang diboyong The Redspada bursa transfer sejauh ini selain Fabinho, Naby Keita, dan penjaga gawang Alisson Becker.

Selanjutnya Klopp berkonsentrasi di dua laga uji coba tersisa melawan SSC Napoli, Minggu (5/8), dan Torino, Selasa (7/8). “Setelah kalah dari Borussia Dortmund, kami tidak merasa cukup baik. Tapi, Anda tidak bisa membuatnya lebih besar dari itu. Kami merasakan hal yang sama ketika melawan MU,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.