December 10, 2022

Jakarta – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan telah berdiskusi dengan Dewan Perwakilan Rakyat dan 11 kementerian terkait soal permasalahan pegawai honorer kategori dua alias K2. “Kami sepakat untuk menyelesaikan persoalan itu secara bertahap dan tidak melanggar Undang-udang. Tadi secara politis telah kami sepakati,” ujar Asman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 23 Juli 2018.

Namun Asman tidak mau menceritakan secara detail ihwal solusi yang telah disepakati. Sebab rapat kerja gabungan tersebut dilakukan secara tertutup. Yang pasti penyelesaian itu akan dilakukan dengan mempertimbangkan keuangan negara.

Secara teknis, Asman mengatakan kementeriannya akan melakukan verifikasi dan validasi data pegawai honorer K2. Sehingga nantinya tidak adala lagi penggelembungan data seperti sebelumnya

“Mudah-mudahan dengan ada kesepakatan ini nanti saya bisa menyusun langkah-langkah teknisnya dengan keputusan Menteri Keuangan,” ujar Asman.

Setelah verifikasi, data tersebut akan dibenturkan dengan Undang-undang Guru, UU Kesehatan dan UU Aparatur Sipil Negara. Berikutnya akan dibedakan para pegawai honorer yang bisa mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil, yang akan menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K, maupun tidak diangkat.

“Nah itu yang karena tertutup jadi saya enggak bisa menyampaikan secara teknis sekarang, karena saya harus mem-follow up secara teknis, detail dengan kementerian terkait,” kata Asman lagi.

Menurut Asman, persoalan pegawai honorer K2 bukanlah barang baru. Persoalan itu telah terjadi sejak tahun 2005 dan belum juga rampung meski sempat ada solusi dari pemerintah. “Masih menyisakan masalah yaitu adanya lebih dari 430 ribu orang yang masih menganggap dirinya itu merupakan bagian dari K2 yang tidak diselesaikan,” ujar Asman.

9 thoughts on “Nasib Pegawai Honorer, Menpan Janji Tak Mau Langgar Undang-undang

  1. 867584 359928Oh my goodness! a fantastic post dude. Thanks Nevertheless My business is experiencing concern with ur rss . Dont know why Not able to sign up for it. Possibly there is any person obtaining identical rss difficulty? Anyone who knows kindly respond. Thnkx 431134

  2. 850352 882680An intriguing discussion will likely be worth comment. Im sure that you want to write a lot more about this topic, it might not be a taboo subject but generally consumers are too couple of to chat on such topics. To yet another. Cheers 652119

Leave a Reply

Your email address will not be published.