December 1, 2022

Di kalangan traveler, nama Pacitan mungkin dikenal sebagai kampung halaman SBY. Namun, di sana ada Pantai Klayar yang tersembunyi di balik bukit.
Mungkin banyak yang belum tahu tentang wisata Pacitan. Kota Pacitan mulai terkenal dan menjadi sorotan banyak orang karena salah satu putra terbaiknya, yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono berhasil menduduki kursi Presiden Republik ini.

Selain terkenal akan gua-guanya, kota ini juga terkenal akan keindahan pantainya. Salah satunya Pantai Klayar. Pantai ini mempunyai aura tersendiri, dengan ombak yang sangat indah dengan deburannya yang kencang serta semburan air laut dari sela-sela karang menjadi ciri khas pantai ini.

Suasana pantai yang masih sepi dan alami, pasir putih agak kecoklatan bersanding damai dengan gagahnya karang yang menjorok kelaut ditambah deburan ombak dan desiran angin menambah eksotisme layaknya surga kecil yang tersembunyi.

Lokasi dan rute menuju Pantai Klayar, Pacitan ini berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, provinsi Jawa Timur.

Jika pengunjung datang dari arah kota Yogyakarta , bisa melalui Kota Wonosari di Gunungkidul lalu ke timur menuju ke arah Pathuk dan lanjur ke arah Kota Wonosari.

Dari sana perjalanan di lanjut ke Pracimantoro. Setelah itu ke Giribelah, nanti akan melewati daerah Punung. Setelah daerah Punung nanti di kanan jalan ada papan nama Pantai klayar. Pengunjung atau wisatawan tinggal mengikuti arah papan nama menuju ke Pantai Klayar tersebut.

Perjalanan menuju ke lokasi akan melalui jalan berbukit, dengan medan yang berkelok-kelok dan sesekali menanjak. Jadi pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan yang baik.

Keindahan Pantai Klayar Setelah perjalanan yang cukup menguras adrenalin, Anda akan mendapatkan sensasi bagaikan mendapatkan harta karun.

Ya, Pantai Klayar bagaikan harta karun yang tersembunyi di balik bukit. Jika Anda mengalihkan arah pandangan ke wilayah Barat dari Pantai Klayar, di sana ada sebuah tebing tinggi kurang lebih 50 meter.

Tebing karang tersebut menjadi salah satu ciri khas Pantai Klayar Pacitan, Jawa Timur. Yang unik di Pantai Klayar adalah pengunjung bisa menyaksikan fenomena air laut yang memancar ke atas kurang lebih setinggi 8-10 meter.

Sebenarnya fenomena yang langka dan unik ini disebabkan oleh semburan dengan tekanan tinggi air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan.

Selain menikmati hempasan ombak, desiran angin, pasir putih dan gagahnya tebing karang, aktifitas lain yang bisa dinikmati di Pantai Klayar adalah menelusuri keindahan pantai dengan menggunakan ATV.

Nah, demikian ulasan saya tentang Pantai Klayar ini. Jangan lupa masukin ke bucket list kamu tahun ini.

5 thoughts on “Pantai Klayar, Keindahan Tersembunyi di Balik Bukit

  1. 533580 525608Good post. I learn something more challenging on different blogs everyday. It will always be stimulating to read content material from other writers and practice just a little something from their store. Id prefer to use some with the content on my weblog whether you dont mind. Natually Ill give you a link on your internet weblog. Thanks for sharing. 579090

  2. 671369 554861When I originally commented I clicked the -Notify me when new feedback are added- checkbox and now every time a remark is added I get four emails with the same comment. Is there any approach you will be able to remove me from that service? Thanks! 240878

Leave a Reply

Your email address will not be published.