May 29, 2022

Jakarta – Qualcomm telah mengumumkan terbosan baru – antena 5G yang memanfaatkan gelombang milimeter kuat atau mmWave – yang pertama di dunia. Antena 5G mmWave ini bakal digunakan untuk smartphone 5G pertama yang akan tiba pada kuartal pertama tahun 2019.

Antena ini memungkinkan kecepatan jaringan beberapa kali lebih cepat dibandingkan dengan 4G. “Dengan 5G, konsumen dapat mengharapkan kecepatan internet kelas gigabit dengan respons yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini untuk merevolusi pengalaman mobile,” ujar Presiden Qualcomm Cristiano Amon, sebagaimana dilansir laman Phone Arena, 23 Juli 2018.

Kecepatan pengunduhan puncak teoritis dari ponsel 5G adalah 5Gbps, tapi menurut Qualcomm, harapan yang lebih realistis menunjukkan perangkat yang mendukung kecepatan unduh 1.4Gbps sudah cukup cepat. Sebagai perbandingan, saat ini Anda mendapatkan kecepatan sekitar 70Mbps dengan memakai 4G.

Keuntungan besar lainnya dari 5G mmWaves adalah jaringan bekerja dengan baik di daerah padat penduduk. Hal ini, menurut Mac Rumors, berarti kecepatan tersebut dapat digunakan di kota-kota besar dan padat seperti New York.

Menurut Direktur Pemasaran Produk Qualcomm Sherif Hanna, ponsel sebenarnya tidak mungkin menjangkau gelombang jaringan milimeter. “Namun, dengan modul baru Qualcomm, terobosan teknologi memungkinkan jaringan generasi baru memberikan kecepatan yang terbaik melalui nirkabel,” kata dia.

Antena tersebut berukuran kecil, dan akan bekerja berdampingan dengan modem Qualcomm X50 5G. Perusahaan telah mengirimkan sampel ke pelanggan, sehingga jika semua berjalan sesuai rencana, smartphone seperti seri Galaxy S10 tahun depan hadir dengan konektivitas 5G.

Leave a Reply

Your email address will not be published.