October 5, 2022

Riyadh – Raja Arab Saudi memerintahkan investigasi internal bersama tim investigasi Turki mengenai hilangnya jurnalis terkenal Jamal Khashoggi di kantor Konsulat Jenderal Saudi di Istanbul, Turki.

Raja meminta tim investigasi memeriksa kantor konsulat, yang merupakan lokasi terakhir keberadaan Khashoggi diketahui pada 2 Oktober 2018.

“Raja telah memerintahkan jaksa penuntut umum untuk membuka investigasi internal mengenai kasus Khashoggi berdasarkan informasi dari tim bersama di Istanbul,” kata seorang pejabat Saudi, yang tidak memiliki otoritas untuk bicara ke publik seperti dilansir CNBC mengutip Reuters pada Senin, 15 Oktober 2018 waktu setempat.

Rencana investigasi ini sempat tertunda pada pekan lalu sebelum disepakatinya pembentukan tim investigasi gabungan Arab Saudi dan Turki.

Saat ditanya apakah jaksa penuntut umum ini bakal membuat pengumuman soal dimulainya investigasi, pejabat tadi mengatakan Raja memerintahkannya untuk bekerja dengan cepat.

Secara terpisah, seperti dilansir media Anadolu, anggota dari komite investigasi kasus hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi telah bertemu pada Senin, 15 Oktober 2018 di markas otoritas keamanan Turki di Istanbul.

Menurut seorang pejabat keamanan Turki, yang meminta identitasnya dirahasiakan, anggota komite ini berasal dari Turki dan Arab Saudi. Sumber diplomatik juga mengatakan tim investigasi bersama kedua negara mulai bekerja pada Senin sore pada 15 Oktober 2018.

Menurut laporan Aljazeera, otoritas Turki memiliki rekaman audio selain dari jam tangan Apple milik Jamal Khashoggi, yang mengindikasikan kolumnis Washington Post itu tewas terbunuh di kantor Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018.

“Bukti rekaman telah dibagikan kepada semua pihak yang berkepentingan. Sekarang saatnya mengumpulkan bukti kongkrit di lapangan,” kata pejabat ini. Bukti rekaman ini memiliki durasi sekitar 11 menit.

Soal ini, Reuters melansir sumber anonim yang mengatakan polisi Turki juga memiliki rekaman audio yang mengindikasikan Khashoggi tewas di kantor Konjen.

Selama ini pejabat Arab Saudi membantah keras dugaan jurnalis Jamal Khashoggi, yang memiliki izin tinggal sebagai penduduk di AS (US residen).

4 thoughts on “Raja Saudi Perintahkan Jaksa Investigasi Raibnya Jamal Khashoggi

  1. 75239 579553Awesome material you fellas got these. I in fact like the theme for the website along with how you organized a person who. Its a marvelous job For certain i will come back and check out you out sometime. 967452

  2. 617652 720721Hello there, I discovered your weblog by way of Google at the same time as looking for a comparable topic, your internet site got here up, it seems to be great. Ive bookmarked it in my google bookmarks. 431976

Leave a Reply

Your email address will not be published.