Home EKONOMI Saham Perusahaan Cat Avian Melantai di BEI, Ini Pergerakannya
Saham Perusahaan Cat Avian Melantai di BEI, Ini Pergerakannya

Saham Perusahaan Cat Avian Melantai di BEI, Ini Pergerakannya

0
0

Perusahaan industri cat dan pelapis dekoratif PT Avia Avian Tbk (AVIA) telah resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini melalui pencatatan saham perdana (Initial Public Offering/IPO) saham yang ditawarkan sebanyak 11.775.355.600 saham, yang terdiri dari sekitar 52,7 persen saham baru dan sekitar 47,3 persen dari saham yang ditawarkan oleh pemegang saham eksisting.

Dalam debut perdananya, transaksi saham AVIA telah dilakukan sebanyak 8.751 kali sejumlah 148,55 juta saham dengan nilai turnover Rp 135,97 miliar. AVIA bergerak pada rentang harga Rp 880 – Rp 970 dari harga perdana di Rp 930 per lembar saham. Kapitalisasi pasar AVIA tercatat Rp 55,45 triliun.

Presiden Direktur AVIA Wijono Tanoko mengatakan, penawaran umum perdana saham ini menjadi tonggak pencapaian yang penting bagi karyawan, pelanggan, pemasok, dan seluruh mitra Avian Brands.

“Dukungan luar biasa yang diterima atas IPO ini merupakan realisasi dari visi Bapak Soetikno Tanoko yang mendirikan Perseroan pada tahun 1978,” ujarnya secara virtual, Rabu (8/12).

Sementara Komisaris Utama Hermanto Tanoko mengatakan, IPO ini menjadi bukti atas kemampuan dari perusahaan lokal Indonesia untuk dapat berkembang di dalam negeri untuk menjadi pemimpin pasar dan menyediakan produk berkualitas yang tak tertandingi untuk memenuhi aspirasi masyarakat Indonesia yang kian bertumbuh.

“Dana bersih yang diterima oleh perseroan melalui IPO ini akan digunakan untuk dapat terus meningkatkan pertumbuhan profitabilitas dari perseroan dan mempercepat ekspansi bisnisnya di Indonesia, serta untuk pelunasan beberapa utang Perseroan,” tuturnya.

Selain itu, ia menambahkan, pihaknya juga berencana memulai pembangunan fasilitas manufaktur andalan barunya di Cirebon dengan operasi ditargetkan untuk dapat dimulai pada tahun 2025.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]