February 3, 2023

TEMPO.COJakarta – Pengamat transportasi Azas Tigor Nainggolan mengungkap temuan seorang sopir Transjakarta PPD 0653 kedapatan asyik memainkan ponselnya saat tengah mengemudikan bus. Dalam unggahan di akun Instagramnya, Azas mengatakan dia menerima pengaduan dari penumpang soal pengemudi yang bermain ponsel sambil menyetir.  

Barusan saya mendapatkan pengaduan tentang adanya pengemudi operator Transjakarta dengan nomor bus PPD 0653 bermain hp saat bekerja,” tulis Azas, Rabu, 30 November 2022. “Begimana Transjakarta Gak Kecelakaan Terus?”

Kepada Azas Tigor Nainggolan, pelapor menceritakan dia menyaksikan sopir Transjakarta PPD 0653 itu mengemudikan bus sambil main HP dan lanjut makan roti dalam perjalanan dari Depok ke BKN Cawang, Rabu siang pukul 12.15. 

Padahal di bodi bus disebutkan penumpang tidak boleh makan minum dalam bus. Begitu pula petugas bus (On Board)nya diam saja dan tidak menegur sopirnya yang melanggar main HP dan makan roti sambil mengemudikan bus,” kata Azas.

Azas menilai kejadian tersebut menandakan lemahnya pengawasan manajemen Transjakarta terhadap operasional bus dan operatornya. “Jika sopirnya mengemudi sambil main HP dan makan, ini sebuah pelanggaran berat yang akibatnya bisa mengancam keselamatan bus serta penumpangnya,” ungkapnya. 

Dia menduga pelanggaran Standar Operasional Produser (SOP) ini sering terjadi. “Tentunya bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas bus Transjakarta,” ucapnya.

Menurut Azas, pelapor sudah menegur langsung sopir Transjakarta tersebut. Namun, manajemen Transjakarta harus memberi sanksi berat kepada operator dan sopir yang melanggar SOP aturan keselamatan ini.

Sanksi berat kepada operator juga sebagai efek jera bagi operator atau sopir Transjakarta lainnya agar bekerja melayani penumpang dengan standar keselamatan selalu dalam setiap pelayanan Transjakarta,” tambahnya.