Home Travel Taiwan Ingin Turis Mendaki Gunung Tertingginya
Taiwan Ingin Turis Mendaki Gunung Tertingginya

Taiwan Ingin Turis Mendaki Gunung Tertingginya

0
0

Sebagai sebuah wilayah pegunungan, Taiwan memiliki sedikitnya 268 gunung yang beberapa di antaranya populer sebagai destinasi wisata dunia, salah satunya adalah Jade Mountain atau Gunung Yushan.

Gunung Yushan adalah gunung tertinggi di Taiwan dan Asia Timur dengan ketinggian 3.952 mdpl.

Pada Kamis (10/6) di Jakarta, Taipei Economic and Trade Office (TETO) memperkenalkan tiga tujuan wisata pegunungan di Taiwan, salah satunya ialah Gunung Yushan.

Dijelaskan TETO, bagi penduduk Taiwan yang menggemari wisata alam, menjejak puncak utama Gunung Yushan merupakan salah satu pencapaian hidup mereka.

 

Untuk mencapai puncak Gunung Yushan, para pendaki disarankan melalui jalur Pegunungan Tatajia Saddle, sebuah jalan setapak yang memiliki informasi jalur yang paling lengkap.

Jalur pendakian itu memiliki jarak sekitar 22 kilometer pulang pergi, dan biasanya membutuhkan waktu pendakian dua hari satu malam dengan tingkat kesulitan menengah.

Sebagian jalur ini berupa dataran datar, kecuali jalur pegunungan pada beberapa ratus meter sebelum mencapai puncak utama yang agak terjal, sehingga dibutuhkan bantuan kedua tangan untuk mendakinya.

Selain Jade Mountain, pada kesempatan itu TETO juga memperkenalkan dua tujuan wisata pegunungan yang lain, yaitu Danau Jiaming dan Zhulu Old Trail.

Jiaming Lake clouds TaiwanDanau Jiaming. (iStockphoto/TopPhotoImages)

Danau Jiaming atau yang lebih dikenal sebagai “Air Mata Malaikat” terletak di ketinggian 3.310 mdpl.

Jarak perjalanan pulang pergi sepanjang jalur Danau Jiaming sekitar 26 kilometer dengan tingkat kesulitan menengah.

Di sepanjang jalur terdapat pemandangan Pegunungan Tengah (Central Mountain Range) dengan pemandangan aneka vegetasinya yang akan berubah bentuk dan warna seiring musim.

TETO menyarankan wisatawan untuk bermalam dua hingga tiga hari guna menikmati kesunyian pegunungan dan langit terang penuh bintang.

Dibandingkan dua pegunungan sebelumnya, Zhuilu Old Trail hanya memiliki ketinggian sekitar 700 hingga 800 mdpl.

Namun jalur ini memiliki keunikan karena dibangun di sepanjang pinggiran tebing gunung marmer, tepat di tepi jurang sedalam sekitar 500 meter.

Perjalanan menyusuri Zhuilu Old Trail bisa sangat mendebarkan, karena pendaki harus menyusuri jalur yang hanya dapat dilalui satu orang dengan bantuan tali yang menempel di dinding gunung.

Rata-rata pendaki akan membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 8 jam untuk menempuh jalur sepanjang 10 kilometer itu.

tags:

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]