October 5, 2022

Mata adalah organ penglihatan yang sangat penting. Mata perlu dijaga kesehatannya dan dilindungi dari kemungkinan cedera. Sebenarnya bentuk wajah manusia diciptakan untuk melindungi mata dari cedera. Tetapi cedera pada mata dapat terjadi kapan saja, melalui kecelakaan yang tidak disengaja.

 

Cedera mata merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan luka akibat cedera fisik atau kimia pada mata atau rongga mata. Dampaknya tergantung pada area mata yang cedera, mulai dampak ringan seperti sakit mata, mata merah, rasa tidak nyaman saat menggerakkan mata, hingga cedera berat yang mengancam penglihatan.

Saat mengalami cedera mata, apa yang harus dilakukan? Bagaimanakah pertolongan pertamanya?

Cedera Mata Akibat Serangan Benda Keras

Serangan atau pukulan dari benda keras dan tumpul, seperti batu dapat membuat cedera di bagian mata, kelopak, otot, atau bahkan tulang yang ada di sekitar mata. Jika cedera ringan, Kamu mungkin akan mengalami bengkak pada kelopak mata. Pada kasus yang lebih parah, bisa saja memengaruhi tulang sekitar mata dan membuat mata berdarah di dalamnya.

Dikutip dari WebMD, tongkat, jari, atau benda lain dapat secara tidak sengaja masuk ke mata dan menggores kornea. Goresan tersebut dapat menyebabkan penglihatan buram, sensitif terhadap cahaya, sakit, mata merah, dan keluar air mata yang berlebihan. Sedikit goresan pada mata dapat membaik dengan sendirinya, sedangkan cedera yang berat dapat menyebabkan masalah penglihatan jangka panjang.

Dikutip dari healthline.com, jika hal ini terjadi, pertolongan pertama yang dapat dilakukan dengan meletakkan kompres dingin di atas mata 5 hingga 10 menit, dan jangan letakkan es langsung pada kulit. Segeralah ke bagian gawat darurat di rumah sakit terdekat jika terjadi tanda yang tak biasa, seperti pendarahan ataupun mata buram.

Cedera Mata Akibat Benda Kecil dan Tajam

Butiran pasir, serpihan kayu, logam, atau potongan kaca dapat masuk ke mata. Objek-objek kecil dan tajam ini dapat menggores kornea, Gengs dan menghasilkan nyeri atau rasa tidak nyaman dan mata. Gejala mata berair biasanya akibat kornea yang tergores. Langkah pencegahan yang bisa dilakukan jika Kamu bekerja dan berada di sekitar logam, kaca, dan benda lain yang dapat terbang ke mata, selalu gunakan kacamata pelindung.

 

Sedangkan, untuk pertolongan pertama pada cedera mata akibat benda kecil dan tajam, cobalah untuk tidak menggosok, mencuci, atau menutup mata. Nah, kalau ada objek yang tertanam di mata, jangan keluarkan karena dapat menyebabkan goresan. Tutup mata dengan pelindung, dan segeralah cari pertolongan medis

Cedera Mata Akibat Bahan Kimia

Bahan kimia tertentu dapat menyebabkan luka bakar yang serius pada mata. Bahan kimia yang paling berbahaya misalnya alkali. Alkali ini biasa ditemukan pada oven, pembersih untuk saluran air, ataupun pupuk. Jika terkena, bahan kimia ini dapat menyerang jaringan dengan sangat cepat dan dapat menyebabkan kebutaan.

 

Uap dari bahan kimia juga dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, asam seperti pemutih dan bahan kimia pada kolam renang dapat menyebabkan mata cedera, namun tidak berbahaya. Parah atau tidaknya cedera mata tergantung pada jenis bahan kimia, lamanya paparan bahan kimia di mata, dan penyebarannya di dalam mata.

 

Pertolongan pertama cedera mata atau luka bakar akibat bahan kimia ialah tetap tenang dan buka mata hingga mata memerah. Setelah itu, siramkan mata dengan air selama 15 hingga 20 menit. Pastikan mata dalam keadaan terbuka, dan segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

 

 

Mata Terkena Paparan Radiasi

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari tak hanya membakar kulit, tetapi juga mata. Tanda kalau Kamu telah terpapar radiasi UV yang berlebihan ialah mata merah, sensitif terhadap cahaya, keluar air mata, dan merasa tidak nyaman pada mata.

 

Mata yang terlalu lama terpapar sinar matahari dan bentuk radiasi lainnya dalam jangka panjang dapat berisiko katarak atau degenerasi makula. Cara terbaik melindungi mata dengan menggunakan kacamata pelindung yang dapat menghalangi 99% hingga 100% radiasi matahari setiap kali Kamu berpergian atau keluar rumah.

Cedera mata yang parah dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, membuat sakit, membuat patah tulang sekitar mata membutuhkan bantuan medis. Segeralah temui dokter jika Kamu mengalami gejala serius, seperti penglihatan yang berubah, bengkak pada mata, penglihatan ganda, sakit yang parah, kelopak mata yang robek, rasa sakit mendalam sekitar mata dan alis, serta sakit kepala.

3 thoughts on “Wajib Tahu, Pertolongan Pertama Cedera Mata

  1. 949337 769724Finally, got what I was seeking for!! Ive really enjoying every small bit of this. Ecstatic I stumbled into this post! and also Ive bookmarked to look at distinctive details for your weblog post. 949916

Leave a Reply

Your email address will not be published.