September 30, 2022

Selama ini penyakit diabetes melitus identik dengan usia dewasa, padahal masih banyak diantara masyarakat yang tidak tahu bahwa anak-anak pun juga bisa mengidap penyakit ini.

Bukan hanya itu saja ketika berobat di rumah sakit, beberapa gejala yang ditunjukkan oleh anak dengan diabetes pun terkadang terjadi salah diagnosis oleh dokter.

“Kadang dianggap asma, dianggap abses, gatal-gatal terutama pada anak, karena tidak pernah terpikirkan (penyakit diabetes),” kata Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia, DR.dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A (K), di Gedung Kementerian Kesehatan Jakarta, Rabu, 31 Oktober 2018.

Dia pun menyarankan kepada orangtua, ketika anak mengalami gejala utama seperti banyak minum, banyak kencing, hal utama yang harus dipikirkan oleh orangtua adalah anak tersebut mengalami diabetes.

“Jadi kalau datang dengan kondisi tersebut ke Rumah Sakit, hal utama yang dipikirkan anak itu diabet. Ketika si anak datang ke IGD langsung cek darah, semakin cepat ketahuan semakin bagus,” sambung dia.

Dia melanjutkan bahwa semakin cepat penyakit diabetes pada anak diketahui maka semakin memperkecil kemungkinan komplikasi yang akan terjadi kepada anak.

“Komplikasi bisa katarak, gagal ginjal dan paling berat meninggal,” kata dia.

5 thoughts on “Waspada Diabetes Anak, Sering Muncul Dengan Gejala Sederhana

  1. 81321 730594An attention-grabbing discussion is worth comment. I believe which you should write far more on this matter, it wont be a taboo subject however usually persons are not sufficient to speak on such topics. To the next. Cheers 880045

  2. 450156 550669Actually your creative writing abilities has encouraged me to get my own website now. Really the blogging is spreading its wings quickly. Your write up is a good example of it. 370356

Leave a Reply

Your email address will not be published.