Manajer Timnas Indonesia Sumardji: Kondisi Psikologis Pemain Luar Biasa Bagus Menjelang Lawan Australia

Manajer Timnas Indonesia Sumardji: Kondisi Psikologis Pemain Luar Biasa Bagus Menjelang Lawan Australia

Jakarta – Manajer Timnas Indonesia Kombes Pol Sumardji mengatakan, kondisi psikologis para pemain pada skuadnya positif mendekati laga melawan Australia di area Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia, Selasa, 10 September 2024.

“Kondisi psikologis pemain ketika ini luar biasa bagus. Semoga ini terus membaik lagi,” ujar Sumardji di area Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Read More

Sumardji mengatakan, satu hal penting yang dimaksud menimbulkan mentalitas pemain timnas positif adalah keberhasilan mereka menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 di tempat Jeddah pada laga perdana Grup C, Hari Jumat dinihari lalu. 

Pencapaian yang disebutkan dianggap sangat oke lantaran Arab Saudi merupakan regu peringkat 56 FIFA, sementara Indonesia berada di dalam kedudukan 133.

Arab Saudi pun baru belaka mengikuti Piala Planet 2022, yang menjadi Piala Bumi keenam yang merek ikuti sepanjang sejarah. “Itu patut kita syukuri,” kata Sumardji.

Dia menekankan, secara umum, timnas Indonesia di kondisi siap tempur melawan Australia. Namun memang, da satu kendala yang mana dihadapi yaitu fisik. Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong pun sempat mengatakan pemainnya kelelahan setelahnya laga versus Arab Saudi.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga menyoroti stamina para pemain regu nasional Indonesia yang tersebut disebutnya agak merosot pada sesi kedua laga melawan Arab Saudi.

“Pak Ketua Umum PSSI memang sebenarnya sudah ada datang ke kami serta berdiskusi dengan coach Shin, saya selaku ketua BTN (Badan Tim Nasional-red) untuk mendiskusikan beberapa hal termasuk evaluasi tentang pertandingan melawan Arab Saudi. Yang dibicarakan tidak hanya saja masalah performa tetapi juga yang tersebut lainnya lalu itu telah ditindaklanjuti oleh coach Shin,” tutur Sumardji.

Indonesia akan menghadapi Australia pada laga lanjutan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Global 2026 zona Asia di area Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa, 10 September, mulai pukul 19.00 WIB.

Pertandingan itu akan menjadi laga kedua untuk kedua kelompok di tempat kualifikasi tersebut. Pada pertandingan pertama, Indonesia menahan imbang tuan rumah Arab Saudi 1-1 kemudian Australia ditekuk pasukan tamu Bahrain dengan skor 0-1.

Saat ini, Indonesia berada dalam kedudukan keempat klasemen sementara Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia di area bawah peringkat satu Jepun (enam poin), kedua Bahrain (enam poin) dan juga ketiga Arab Saudi (satu poin). Di sikap kelima kemudian keenam ada Australia kemudian China dengan nol poin.

Arab Saudi berada di area menghadapi Indonesia dikarenakan pada pertandingan kedua tim, Arab Saudi semata-mata mendapatkan dua kartu ikterus sementara Indonesia tiga kartu kuning.

Pilihan Editor: Timnas Indonesia vs Australia pada Kualifikasi Piala Bumi 2026: Ini adalah 3 Bintang Socceroos yang mana Patut Diwaspadai

Related posts

Leave a Reply