Timnas Indonesia Dikawal 30 Personel Saat Bersiap Hadapi Australia, Begini Klarifikasi Sumardji

Timnas Indonesia Dikawal 30 Personel Saat Bersiap Hadapi Australia, Begini Klarifikasi Sumardji

Jakarta – Manajer Timnas Indonesia, Kombes Pol Sumardji, mengungkapkan para pemain mendapatkan pengawalan dari 30 personel keamanan, yang 20 di area antaranya anggota Polri, selama persiapan hingga setelahnya laga melawan Australia di area kualifikasi Piala Global 2026, Selasa, 10 September 2024.

“Ini sesuai instruksi Ketua Umum PSSI (Erick Thohir-red). Pengamanan ini betul-betul melekat pada pemain sampai pertandingan tanggal 10 September usai. Dengan kembalinya para pemain ke negara masing-masing pada 11-12 September maka otomatis pengamanan itu pun selesai,” ujar Sumardji di area Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Read More

Pria yang dimaksud juga Ketua Badan Tim Nasional (BTN) itu menyebut, pengamanan ketat perlu diberikan untuk timnas Indonesia demi keamanan, keselamatan, lalu kemampuan fisik pemain.

Sumardji tiada ingin kejadian seperti hilangnya tas penyerang timnas Dimas Drajad ketika berlatih di tempat Lapangan ABC Gelora Bung Karno pada akhir Agustus 2024 terulang. “Kebijakan pengamanan ini memang benar ada kaitannya dengan itu (hilangnya tas Dimas-red),” kata dia.

Kemudian, Sumardji melanjutkan, pengamanan itu juga dilaksanakan supaya kondisi tubuh pemain masih terjaga. Terkadang, beliau menambahkan, para suporter yang digunakan antusias mendekati pemain. Hal yang dimaksud sejatinya tidak ada dipermasalahkan tetapi pihak timnas merasa perlu melindungi pemain dari penularan penyakit yang dimaksud bisa jadi semata dibawa oleh fan.

“Kan, banyak yang tidak ada menggunakan masker juga sebagainya,” tutur Sumardji.

Indonesia akan menghadapi Australia pada laga lanjutan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia di tempat Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa, 10 September.

Pertandingan itu akan menjadi laga kedua untuk kedua kelompok di area kualifikasi tersebut. Pada pertandingan pertama, Indonesia menahan imbang tuan rumah Arab Saudi 1-1 dan juga Australia ditekuk kelompok tamu Bahrain dengan skor 0-1.

Saat ini, anak-anak asuhan instruktur Shin Tae-yong berada di tempat sikap keempat klasemen sementara Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia di area bawah peringkat satu Jepun (enam poin), kedua Bahrain (enam poin) juga ketiga Arab Saudi (satu poin). Di tempat kelima lalu keenam ada Australia juga China dengan nol poin.

Arab Saudi berada dalam melawan Indonesia lantaran pada pertandingan kedua tim, Arab Saudi hanya sekali mendapatkan dua kartu ikterus sementara Indonesia tiga kartu kuning.

Pilihan Editor: Kualifikasi Piala Planet 2026: Kiper Australia Mathew Ryan Waspadai Pengaruh ‘Belanda’ di tempat Timnas Indonesia

Related posts

Leave a Reply