Kelakar Diego Michiels mengenai Pemain Naturalisasi di dalam Timnas Indonesia: Dulu Netizen Komentar Kayak Mau Dijajah

Kelakar Diego Michiels mengenai Pemain Naturalisasi dalam pada Timnas Indonesia: Dulu Netizen Komentar Kayak Mau Dijajah

Jakarta – Pemain Borneo FC Diego Michiels menceritakan perbedaan respons publik terhadap penampilan pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia dulu dan juga sekarang. Pada era sebelum kepemimpinan Erick Thohir di dalam PSSI, menurut dia, warganet atau pendukung skuad Garuda kerap memnberikan respons negatif persoalan keberadaan beberapa pemain naturalisasi dalam kelompok nasional.

“Banyak yang mana beda, waktu kami masih di dalam Timnas Indonesia, kalau ada dua pemain naturalisasi di area pasukan sudah ada berbagai komplain dari netizen ‘mau dijajah’ kemudian lain sebagainya,” ujar beliau ketika ditemui usai acara ASEAN Club Championship Shopee Cup 2024 di area Kawasan Kuningan, Ibukota Indonesia Selatan, Sabtu, 7 September 2024.

Read More

Walau begitu, Diego menilai respons rakyat sudah ada berbeda ketika ini. Menurut dia, pemikiran dia lebih banyak terbuka sehingga mampu menerima peluncuran pemain naturalisasi. “Sekarang sudah ada berubah, sudah ada open minded. Sekarang telah didukung juga Indonesia butuh banyak pemain naturalisasi untuk meningkatkan kualitas,” ucap dia.

Timnas Indonesia yang tersebut sedang berjuang dalam putaran ketiga kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia memang benar berbagai diperkuat pemain naturalisasi. Saat ini, tercatat ada 13 nama yang mana langganan dipanggil Shin Tae-yong membela Tim Merah Putih. Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Justin Hubner, Calvin Verdonk, Maarten Paes, Ivar Jenner, Rafael Struick, Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes, kemudian Rafael Struick.

PSSI juga berada dalam pada proses menaturalisasi pemain keturunan lainnya, yaitu Mees Hilgers juga Eliano Reijnders. Dengan begitu, nantinya akan segera ada 15 pemain naturalisasi yang tersebut akan membela Timnas Indonesia.

Diego menilai peluncuran pemain naturalisasi telah lama memberi dampak positif untuk Timnas Indonesia. Mereka menimbulkan performa Skuad Garuda meningkat di area segala aspek. “Kita bisa saja lihat sekarang performa (Timnas Indonesia) meningkat. Performa naik, hasil naik, di area ranking FIFA juga naik, semua naik, semua positif, semoga Indonesia progresif terus.”

Timnas Indonesia selanjutnya akan menghadapi Australia pada putaran ketiga kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia di tempat Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, DKI Jakarta Pusat, Selasa, 10 September 2024. Diego berharap Pasukan Merah Putih dapat meraih hasil terbaik hingga lolos ke fase utama. “Semoga masuk Piala Dunia!”

Pendukung Indonesia melambaikan bendera dalam di stadion ketika pertandingan Kualifikasi AFC Piala Global Grup C, antara Arab Saudi vs Indonesia di area King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, 5 September 2024. Suporter timnas Garuda dengan semangat memberikan dukungan bagi Indonesia. REUTERS/Stringer

Related posts

Leave a Reply