Fuso eCanter Muncul di GIIAS, Diluncurkan 2024 untuk Wilayah Jakarta

Tangerang, CNN Indonesia —

Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia menghadirkan Next Generation eCanter pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Perkenalan ini menjadi yang pertama buat Indonesia sejak versi anyar truk bertenaga listrik tersebut menjalani debut global pada September 2022 di Jepang. Sedangkan generasi awal eCanter telah meluncur sejak 2017 dan diproduksi di Jepang, serta beroperasi di Eropa, Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru.

Mitsubishi mengklaim berhasil mengembangkan truk listrik untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan peningkatan fungsi dan fitur secara signifikan melalui Next Generation eCanter.

“Untuk pertama kalinya di Indonesia,kami dengan bangga mempersembahkan Next Generation eCanter di GIIAS 2023,” kata Nobukazu Tanaka, President Director KTB di BSD Tangerang, Jumat (11/8) sore.

Next Generation eCanter hadir dengan teknologi eAxle yaitu sistem drive line ringkas tanpa propeller shaft. Beberapa keunggulan dari teknologi eAxle ini adalah biaya perawatan rendah, mudah diservis, halus, gesit, dan akselarasi mulus, tidak ada guncangan saat perpindahan gigi atau gangguan torsi.

eCanter juga memiliki 3 pilihan ukuran baterai menyesuaikan konsumen. Pertama ukuran S dengan daya jelajah 70-100 km, M daya jelajah 120-150 km, dan L jarak tempuhnya mencapai 170-200 km.

“Variasi pada ukuran baterai akan memudahkan pengguna menyesuaikan kebutuhannya,” ungkapnya.

Tanaka berharap pembaharuan yang ada pada eCanter mampu memenuhi kebutuhan pengguna dan berkontribusi pada lingkungan.

“Dengan teknologi canggih di Next Generation eCanter ini, kami berharap dapat lebih memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan juga berkontribusi kepada lingkungan yang lebih baik,” kata dia.

Sebelumnya, KTB telah melakukan uji coba memakai eCanter generasi sebelumnya di Indonesia dan telah menempuh jarak kurang lebih 10 ribu kilometer. Klaim Tanaka uji jalan tersebut telah dilakukan tanpa kendala serta mendapat respons positif.

Meluncur 2024 untuk wilayah Jakarta

Fuso eCanter akan diluncurkan di Indonesia tahun depan. Perusahaan hanya fokus pada kegiatan pemasaran dan penjualan truk listrik eCanter di Jakarta.

Kendati demikian Tanaka belum bisa mengungkap waktu peluncurannya. Namun KTB tengah menyiapkan layanan aftersales service untuk menunjang penggunaan truk listrik tersebut.

“Kami belum bisa mengungkap waktunya, dan tunggu saja,” ucap Tanaka.

Sementara itu Duljatmono, Direktur Marketing KTB menjelaskan menghadirkan eCanter di Indonesia merupakan tantangan, terutama bagaimana meyakini konsumen bahwa eCanter sangat diandalkan terutama bisa menekan biaya operasional perusahaan.

Namun Duljatmono optimisme sebab industri logistik berkembang pesat. Fuso diklaim menyumbang 54 persen pangsa pasar dalam segmen truk komersial ringan dan sedang.

Duljatmono menjelaskan ini merupakan kesempatan karena para pengusaha logistik ini sudah mulai peduli terhadap lingkungan, dan ini momen tepat untuk menawarkan kendaraan komersial ringan bertenaga listrik.

“eCanter dengan nol emisi merupakan solusi untuk para pelaku logistik,” ucap Duljatmono.

Duljatmono memaparkan perusahaan logistik besar di Indonesia seperti B-Log, Pos Indonesia dan GoTo sudah berminat membeli truk listrik Fuso eCanter.

Leave a Reply