Komentar Lionel Messi Setelah Raih Trofi Ballon d’Or 2023

Bola Rakyat – Lionel Messi berhasil meraih penghargaan Ballon d’Or 2023. Messi mampu mengungguli para pesaingnya yang jauh lebih muda, yakni Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Acara penghargaan yang berlangsung di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa (31/10/2023) dini hari WIB, Lionel Messi menjadi pemain dengan suara terbanyak.

Read More

Sama seperti edisi sebelumnya, voting memilih pemenang Ballon d’Or melibatkan jurnalis dari seluruh dunia, hingga kapten dan pelatih timnas.

La Pulga dianggap paling layak meraih trofi Ballon d’Or 2023 berkat penampilan impresifnya dari 1 Agustus 2022 hingga 31 Juli 2023. Satu di antara pencapaian terbaik Messi adalah meraih titel Piala Dunia 2022 bersama Timnas Argentina.

Sementara itu, Erling Haaland yang sukses mengukir treble winner bersama Manchester City pada musim lalu, berada di peringkat kedua. Adapun Kylian Mbappe yang tampil gemilang bersama Paris Saint-Germain dan Timnas Prancis menempati posisi ketiga.

Bagi Lionel Messi, ini adalah trofi Ballon d’Or nya yang kedelapan. Sebelumnya, pemain berusia 36 tahun tersebut meraih penghargaan serupa pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021.

Rayakan dengan Rekan Satu Tim

Lionel Messi merasa bangga berhasil meraih penghargaan Ballon d’Or 2023. Dia pun akan merayakan prestasi moncer tersebut bersama rekan satu timnya di Timnas Argentina dan juga Inter Miami.

“Yang terpenting, saya harus mengucapkan selamat kepada semua orang yang dinominasikan untuk penghargaan ini,” ujar Messi.

“Saya harus berbagi penghargaan ini dengan rekan satu tim saya dan semua yang kami capai bersama Timnas Argentina. Seluruh tim, staf pelatih, dan semua orang yang terlibat memainkan peran mereka dalam memenangkan Piala Dunia,” lanjutnya.

Bakal Segera Digantikan Haaland dan Mbappe

Dengan usia yang telah menginjak 36 tahun, Lionel Messi sadar kariernya di dunia sepak bola akan segera berakhir. Messi yakin para pesepak bola muda seperti Erling Haaland dan Kylian Mbappe, bakal menggantikan posisinya.

“Angkat topi untuk Erling Haaland, Kylian Mbapp, dan Kevin De Bruyne karena menjalani musim-musim yang fantastis. Banyak dari Anda yang masih muda dan telah mencapai banyak hal,” ujar La Pulga.

“Masih banyak waktu tersisa untuk menggantikan saya. Saya senang berada di sini sekali lagi untuk menikmati momen ini sekali lagi.”

“Saya mencapai impian saya untuk memenangkan Piala Dunia, namun saya membaginya dengan semua orang yang terlibat,” kata eks megabintang Barcelona tersebut.

Daftar Akhir Ballon d’Or 2023

1. Lionel Messi (Inter Miami/Argentina)

2. Erling Haaland (Manchester City/Norwegia)

3. Kylian Mbappe (PSG/Prancis)

4. Kevin De Bruyne (Manchester City/Belgia)

5. Rodri (Manchester City/Spanyol)

6. Vinicius Jr (Real Madrid/Brasil)

7. Julian Alvarez (Manchester City/Argentina)

8. Victor Osimhen (Napoli/Nigeria)

9. Bernardo Silva (Manchester City/Portugal)

10. Luka Modric (Real Madrid/Kroasia)

11. Mohamed Salah (Liverpool/Mesir)

12. Robert Lewandowski (Barcelona/Polandia)

13. Yassine Bounou (Sevilla/Maroko)

14. Ilkay Gundogan (Barcelona/Jerman)

15. Emi Martinez (Aston Villa/Argentina)

16. Karim Benzema (Al-Ittihad/Prancis)

17. Khvicha Kvaratskhelia (Napoli/Georgia)

18. Jude Bellingham (Real Madrid/Inggris)

19. Harry Kane (Bayern Munchen/Inggris)

20. Lautaro Martinez (Inter Milan/Argentina)

21. Antoine Griezmann (Atletico Madrid/Prancis)

22. Kim Min-jae (Bayern Munchen/Korea Selatan)

23. Andre Onana (Manchester United/Kamerun)

24. Bukayo Saka (Arsenal/Inggris)

25. Josko Gvardiol (Manchester City/Kroasia)

26. Jamal Musala (Bayern Munchen/Jerman)

27. Nicolo Barella (Inter Milan/Prancis)

= 28. Randal Kolo Muani (PSG/Prancis)

= 28. Martin Odegaard (Arsenal/Norwegia)

30. Ruben Dias (Manchester City/Portugal)

 

Related posts

Leave a Reply