Yakob Sayuri Ungkap Chemistry Timnas Indonesia Masih Kurang

Bolarakyat– Kekalahan atas Libya dalam laga uji coba kedua pada Jumat, 5 Januari 2024 menutup rangkaian pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki.

Selama kurang lebih dua pekan ditempa, Yakob Sayuri mengungkapkan satu kekurangan yang perlu ditingkatkan para pemain, yaitu chemistry atau kekompakan di lapangan.

Read More

Dalam pemusatan latihan yang dimulai sejak 20 Desember 2023, para pemain diberi program khusus untuk meningkatkan fisik. Yakob pun merasakan dampak dari latihan tersebut. Ia merasakan perubahan pada kondisinya yang semakin membaik.

“Kondisi saya sejauh ini saya rasa sangat berbeda jauh dari sebelum kami datang ke sini. Lewat dua pertandingan belakangan yang sudah kami jalani, saya rasa fisik kami semakin baik. Mungkin chemistry antarpemain yang perlu ditingkatkan saja,” ujar dia seperti dikutip dari keterangan tim media PSSI.

CHEMISTRY ANTAR PEMAIN

Permasalahan chemistry yang disinggung Yakob memang terlihat jelas dari dua pertandingan terakhir melawan Libya. Kombinasi antarpemain dalam melancarkan serangan kerap tak berjalan mulus. Tak jarang, mereka sering salah mengirim umpan.

Di sisi lain, beberapa kesalahan fatal yang berbuah gol juga terjadi, seperti pada laga pertama yang dilakukan Jordi Amat dan Justin Hubner atau pada laga kedua oleh yang dibuat Rizky Ridho.

Hasilnya, timnas Indonesia gagal meraih kemenangan dalam dua laga uji coba melawan Libya. Pada pertandingan pertama Skuad Garuda dilumat 0-4. Pada laga kedua, Indonesia kembali kalah dengan skor 1-2.

Yakob pun mengakui masih banyak kesalahan yang dilakukan pemain dalam dua pertandingan tersebut. Hal ini, kata dia, mesti diperbaiki sebelum mulai bertarung di Piala Asia 2023.

“Saya mengapresiasi kinerja teman-teman di pertandingan tadi. Mungkin, kita lihat sendiri tadi di pertandingan ada banyak kekurangan, kesalahan yang kami lakukan, baik itu individu maupun sebagai tim. Semoga di beberapa hari ke depan menjelang Piala Asia, kami dapat lebih giat lagi untuk mengubah itu semua dan tampil lebih konsisten.”

Yakob yang mencetak satu-satunya gol dalam dua kali uji coba kontra Libya menilai performnya juga masih belum maksimal. Ia akan memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk memaksimalkan persiapannya demi tampil lebih baik di Piala Asia 2023.

“Yang baik saya tambah tingkatkan dan yang kurang saya akan berusaha untuk fokus tingkatkan di latihan,” ucap pemain PSM Makassar tersebut.

Timnas Indonesia dijadwalkan berangkat ke Doha, Qatar pada Sabtu, 6 Januari dan akan melakoni satu uji coba terakhir melawan Iran pada 9 Januari. Setelah itu, Pasukan Merah Putih bakal memulai pertarungan di Piala Asia 2023 dengan melawan Irak pada 15 Januari 2024.

Related posts

Leave a Reply