Upacara Bendera HUT RI pada Afrika Selatan Diikuti WNA

Upacara Bendera HUT RI pada Afrika Selatan Diikuti WNA

Jakarta – Kedutaan Besar RI di area Pretoria menyelenggarakan Upacara Peringatan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024, waktu setempat, pada suasana hikmat di dalam bawah tema Nasional Indonesia tahun 2024 “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Acara diselenggarakan pada Wisma Duta RI, Pretoria, dalam mana  Duta Besar LBBP RI, Saud Purwanto Krisnawan bertindak sebagai inpektur upacara. 

Upacara bendera tak cuma dihadiri oleh WNI yang mana berada di dalam Pretoria, lalu Johannesburg, tetapi juga WNI dari Durban. Hadir pula kelompok WNA seperti kelompok Pramuka Afrika Selatan, 22nd Sea Scout Pretoria lalu warga asing lainnya. Agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, banyak partisipan hadir dengan mengenakan pakaian adat masing-masing. 

Read More

Suasana haru terlihat pada seluruh kontestan upacara ketika sirene penanda detik-detik proklamasi diperdengarkan dan juga bendera merah putih dibentangkan, lalu dikibarkan membelah udara pagi Pretoria. Duta Besar Saud pada kesempatan itu mengingatkan semangat kemerdekaan yang mana dengan susah payah diperjuangkan para pahlawan perlu dipupuk kemudian dipelihara oleh setiap WNI dimana belaka berada.

“Pelaksanaan upacara pada rangka peringatan tegas HUT RI perlu terus-menerus kita laksanakan. Ini adalah tentu juga untuk memupuk kesadaran hidup sebagai bangsa juga bernegara yang tersebut sudah tambahan dulu ditanamkan oleh para pahlawan yang digunakan berjuang untuk merebut kemerdekaan.” 

Saud lebih lanjut lanjut menjelaskan peringatan tegas HUT RI kali ini terasa lebih banyak Istimewa sebab pada pada waktu yang tersebut identik peringatan keras juga dilaksanakan di tempat Nusantara, Ibukota yang tersebut baru-IKN, di tempat Kalimantan Timur. Lebih khusus di tempat Afrika Selatan, tahun ini, tahun 2024, juga terasa lebih banyak istimewa oleh peringatan tegas 30 Tahun Hubungan Diplomatik antara Indonesia kemudian Afrika Selatan. 

Peringatan HUT RI ke -79 juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan kemudian lomba, antara lain Lomba Busana Adat Nusantara, pementasan Pencak Silat kemudian Tari Saman oleh Warga Afrika Selatan, dan juga kompetisi lomba ketangkasan bagi anak-anak kemudian dewasa. 

Pilihan editor: Presiden Vietnam To Lam Kunjungan Kerja Pertama ke Cina

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di tempat Google News, klik di sini

Related posts

Leave a Reply