Komentar Pelatih Cina Branko Ivankovic Usai Kalahkan Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Global 2026

Komentar Pelatih Cina Branko Ivankovic Usai Kalahkan Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Global 2026

Jakarta – Pelatih Cina Branko Ivankovic memuji semangat juang para pemainnya setelahnya mengakhiri tiga kekalahan beruntun pada kualifikasi Piala Global 2026. Cina memetik kemenangan 2-1 berhadapan dengan Timnas Indonesia pada Qingdao Youth Football Stadium pada Selasa, 15 Oktober 2024. 

Gol-gol Cina terjadi dalam putaran pertama dari Behram Abduweli kemudian Zhang Yuning. Kejayaan ini memproduksi Cina menyamai perolehan poin Indonesia dengan tiga poin setelahnya empat pertandingan dalam Grup C yang mana terdiri dari enam tim. Jepang, Australia, Arab Saudi, kemudian Bahrain ketika ini menempati empat kedudukan teratas.

Read More

Kemenangan ini juga terjadi pada depan hampir 50 ribu penonton tuan rumah di tempat stadion. “Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih terhadap para pemain berhadapan dengan dedikasi merekan di pertandingan ini. Para penggemar menciptakan suasana yang digunakan sangat baik dan juga memberi kami sejumlah dukungan. Mereka seperti pemain ke-12 di area lapangan,” ucap Ivankovic disitir dari Xinhua.

“Mereka menunjukkan penampilan sesuai dengan arahan taktis saya, termasuk intensitas yang mana dibutuhkan untuk merebut penguasaan bola juga semangat untuk meraih kemenangan pertandingan. Mereka sangat fokus selama seluruh pertandingan,” kata Ivankovic di konferensi pers.

Pemain Kroasia berusia 70 tahun itu menggunakan formasi 4-4-2 dengan Behram dan juga Zhang mengatur serangan. Wu Lei, pencetak gol terbanyak bagi regu nasional kemudian Turnamen Super Cina (CSL) musim ini, tetap memperlihatkan berada di tempat bangku cadangan setelahnya absen pada pertandinganmelawan Australia sebab cedera.

Sejak awal, Cina mengikuti instruksi Ivankovic, bermain dengan intensitas kemudian keberanian, meraih kemenangan duel-duel kunci untuk mempertahankan penguasaan bola. Meskipun menjadi pasukan dengan peringkat terendah dalam grup, Indonesia, yang menurunkan sembilan pemain naturalisasi, lebih besar berbagai menguasai bola pada mendirikan permainan dari belakang ke depan.

Ancaman utama Cina datang dari umpan-umpan panjang kemudian bola-bola mati. Behram membuka skor dengan tendangan kaki kanan dari berada dalam kotak penalti pada menit ke-21, dibantu oleh Jiang Shenglong setelahnya skema bola mati.

Zhang menggandakan keunggulan sebelum turun minum. Ia menyelesaikan serangan balik dengan tendangan mendatar setelahnya menerima umpan terobosan dari Gao Zhunyi, dan juga mengecoh kiper Indonesia Maarten Paes. Timnas Indonesia memperkecil ketertinggalan pada menit ke-86 ketika tendangan kaki kanan Thom Haye dari berada dalam kotak penalti berhasil menyeberangi kiper Tiongkok Wang Dalei. 

Di kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia, sebanyak 18 regu dibagi menjadi tiga grup di area putaran ketiga. Dua pasukan teratas dari setiap grup akan lolos segera ke putaran final Piala Dunia, sementara pasukan peringkat ketiga lalu keempat akan melaju ke sesi kualifikasi selanjutnya.

Pilihan Editor: Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Bumi 2026 setelahnya Timnas Indonesia Kalah 1-2 dari Cina

Related posts

Leave a Reply