Timnas Turki Raja Gol Cepat di Turnamen Besar

Bola Rakyat – Timnas Turki sukses melaju ke perempat final Euro 2024 usai mengalahkan Austria. Berikut catatan menarik dari pertandingan ini.

Turki menghadapi Austria dalam laga babak 16 besar Euro 2024, Rabu (3/7/2024) dini hari WIB. Bermain di Red Bull Arena, Turki menang dengan skor 2-1.

Read More

Merih Demiral menjadi pahlawan kemenangan Turki dengan mencetak dua gol. Austria sempat memperkecil ketinggalan berkat gol pemain pengganti, Michael Gregoritsch.

Berkat hasil ini, Turki berhak lolos ke babak perempat final. Mereka akan menghadapi Belanda yang sebelumnya menyingkirkan Rumania lewat kemenangan 3-0.

Sejumlah catatan istimewa ditorehkan selepas pertandingan Austria melawan Turki. Berikut ini adalah perinciannya.

Catatan Menarik Duel Timnas Austria vs Timnas Turki

1. Merih Demiral dari Turki membuka skor setelah hanya 57 detik. Itu menjadi gol paling cepat kedua dalam sejarah Euro dan tercepat sepanjang sejarah di babak sistem gugur.

2. Turki kini memegang rekor gol tercepat di babak sistem gugur Euro dan Piala Dunia (sejak 1966) dengan Hakan Sukur juga mencetak gol setelah 11 detik melawan Korea Selatan di Piala Dunia 2002.

3. Turki telah mencapai babak perempat final Euro untuk ketiga kalinya setelah Euro 2000 dan Euro 2008 dan untuk keempat kalinya di turnamen besar (Piala Dunia/Euro) bersamaan dengan Piala Dunia 2002.

4. Austria tersingkir dari babak 16 besar di turnamen besar berturut-turut setelah juga menghadapi nasib yang sama di Euro 2020.

5. Merih Demiral menjadi bek pertama yang mencetak dua gol dalam satu pertandingan di turnamen besar sejak John Stones untuk Inggris melawan Panama di Piala Dunia 2018 dan yang pertama di babak sistem gugur sejak Lilian Thuram dari Prancis melawan Kroasia di semifinal Piala Dunia 1998.

6. Tidak ada gol pembuka di menit pertama yang dicetak dalam 16 edisi pertama Euro, tetapi kini ada dua gol di menit pertama yang dicetak di Euro 2024: gol Demiral hari ini (57 detik) dan gol Nedim Bajrami untuk Albania melawan Italia di babak penyisihan grup (23 detik).

7. Michael Gregoritsch telah mencetak empat gol dalam dua penampilan melawan Turki untuk Austria. 12 gol lainnya untuk negaranya dicetak melawan 12 tim yang berbeda.

8. Dengan pasangan berusia 19 tahun Kenan Yildiz dan Arda Guler, Turki menjadi tim kedua dalam sejarah Euro yang memasukkan dua pemain remaja dalam starting XI mereka untuk pertandingan babak sistem gugur setelah Hungaria pada tahun 1964 melawan Denmark.

Related posts

Leave a Reply