Selain Spionam, Berikut Sederet Aplikasi komputer Perizinan Milik Kementerian Perhubungan

Selain Spionam, Berikut Sederet Aplikasi komputer komputer Perizinan Milik Kementerian Perhubungan

Jakarta – Menteri Perjalanan dan juga Kondisi Keuangan Kreatif Sandiaga Uno mengingatkan para pelaku pariwisata lalu ekonomi kreatif untuk bergerak mengecek data kelayakan kendaraan pada program Spionam Kementerian Perhubungan . “(Cek) bus mana yang lolos penilaian melalui aplikasi mobile Spionam. Sehingga, tak terjadi (kecelakaan),” kata Sandiaga di acara The Weekly Brief with Sandi Uno di area Kemenparekraf, Senin, 13 Mei 2024

Hal yang disebutkan disampaikan Sandiaga merespons kecelakaan bus Trans Putera Fajar yang mengakibatkan rombongan study tour siswa SMK Lingga Kencana mengalami kecelakaan dalam Subang, Jawa Barat, Hari Sabtu malam, 11 Mei 2024.  Kecelakaan maut yang dimaksud menyebabkan 12 orang tewas lalu 17 orang mengalami luka berat.

Read More

Sistem Perizinan Online Angkutan Darat dan juga Multimoda atau SPIONAM merupakan layanan Kementerian Perhubungan untuk memberikan kemudahan operator pada mengajukan perizinan di dalam bidang angkutan kemudian multimoda. Dikutip dari Hubdat.dephub.go.id, SPIONAM juga mencantumkan masa berlaku uji kendaraan hingga keabsahan angkutan barang, angkutan orang pada trayek, maupun angkutan orang tiada di trayek.

Kementerian Perhubungan tidaklah cuma menyediakan perangkat lunak Spionam pada melayani perizinan. Kementerian Perhubungan miliki beberapa program guna meningkatkan pelayanan bidang transportasi. Berikut beberapa perangkat lunak pelayanan di dalam Kementerian Perhubungan.

1. AIR-SDP

Aplikasi Berita serta Registrasi Angkutan Sungai Danau serta Penyeberangan atau AIR-SDP adalah sebuah sistem informasi yang digunakan untuk membantu proses perizinan penyelenggaraan sungai, danau dan juga penyeberangan di dalam lingkungan Kementerian Perhubungan khususnya Direktorat Transportasi Sungai, Danau serta Penyeberangan.

2. VTA online

VTA online adalah layanan uji tipe kendaraan bermotor yang dimaksud menerbitkan juga mencetak Sertifikasi Uji Tipe (SUT) juga Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) dengan proses yang dimaksud singkat. Melalui program ini, SUT serta SRUT diterbitkan di jangka waktu paling lama 7 hari kerja sejak persyaratan diterima secara lengkap.

3. Si Andalan

Aplikasi Si Andalan adalah sebuah sistem pelayanan perizinan persetujuan Analisis Efek Lalu Lintas (ANDALALIN) di dalam lingkungan Kementerian Perhubungan. Saat ini pengurusan perizinan Andalalin dibagi menjadi tiga klaster, yakni perizinan untuk klaster bangkitan lalin yang rendah untuk pengurusan pembangunan seperti pertokoan, ruko, restoran, SPBU. Kemudian ada klaster bangkitan sedang seperti penyelenggaraan mall juga klaster bangkitan lalin yang tersebut tinggi untuk konstruksi seperti kawasan industri.

4. Teman Bus

Teman Bus adalah kependekan dari Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, serta Nyaman. Teman Bus merupakan pengembangan angkutan umum massal yang tersebut dirancang untuk mengintervensi pengembangan angkutan umum perkotaan yang dimaksud dibutuhkan oleh masyarakat. Digulirkannya kegiatan ini harapannya adalah semakin sejumlah rakyat yang tersebut menggunakan angkutan umum.

5. E-Ticketing

E-Ticketing memberikan kemudahan pelayanan bagi warga pengguna jasa transportasi darat pada memperoleh tiket perjalanan. Saat ini penumpang angkutan darat dapat memperoleh tiket dengan program E-Ticketing melalui beberapa mitra diantaranya Bank Mandiri, DPP Organda (DOKU, Alfamart, bosbis.com).

Selain itu, Kementerian Perhubungan mempunyai beberapa aplikasi mobile lain yang digunakan melayani berbagai macam perizinan, seperti SKRB (Surat Keputusan Rancang Bangun) Online, SRUT-RB (Sertifikat Registrasi Uji Tipe Rancang Bangun) Online, E-SMK, kemudian TDBUPJ (Tanda Daftar Badan Usaha Perlengkapan Jalan). Serta perangkat lunak MyPerintis, MyKSPN, DIPASS, e-Tilang, SIwasOps, hingga SIPAJA.

Kemudian ada aplikasi mobile SIPERKAPAL (Sistem Perawatan kemudian Pemeliharaan Kapal), SIJUKA (Sistem Pengajuan Perizinan Kapal Asing), SIMLALA (Sistem Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut), SITOLAUT (Sistem informasi Tol Laut), juga SIPERINTIS (Sistem Pencatatan Prestasi Kapal Perintis). Sementara di tempat sektor transportasi udara, Direktorat Perhubungan miliki aplikasi mobile SIDOPI-GO yang tersebut berfungsi untuk memudahkan proses registrasi drone sekaligus sertifikasi pilot drone.

DEPHUB.GO.ID

Begini Cara Mengecek Kelayakan Bus di area Program Spionam

Related posts

Leave a Reply