Komponen Mobil Apa Saja yang mana Harus Diperiksa Setelah Digunakan Mudik Lebaran?

Komponen Mobil Apa Saja yang digunakan mana Harus Diperiksa Setelah Digunakan Mudik Lebaran?

Jakarta – Libur Lebaran sudah pernah berakhir. Bagi warga yang digunakan melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil , ada baiknya melakukan pemeriksaan pasca perjalanan untuk menjamin peforma mobil masih prima.

Dikutip dari laman Auto2000, berikut beberapa komponen mobil yang digunakan sebaiknya kembali diperiksa pasca digunakan selama perjalanan mudik.

Read More

1. Ban mobil

Karena komponen ini bersinggungan secara langsung dengan berbagai kondisi jalan yang tersebut dinamis dan juga muatan maksimal yang tersebut menghasilkan ban bekerja tambahan ekstra. Pastikan bukan ada kehancuran pada telapak ban, bersihkan kerikil yang dimaksud menempel, kemudian perhatikan tanda keausan ban. Perhatikan pula kondisi dinding ban lalu pastikan tak ada kecacatan seperti benjol atau sobek.

2. Kolong mobil

Bersihkan kolong mobil dari kotoran juga periksa komponennya, termasuk shock absorder, karet penyangga, serta selang rem. Waspadai kebocoran pada selang rem, periksa kampas rem cakram juga dinding tromol rem. Periksa pula kondisi minyak rem, jumlah minyak rem tak boleh berkurang, tidaklah ada pembaharuan warna, dan juga bukan ada kotoran atau endapan lumpur di dalam di tabung penyimpanannya.

3. Oli mesin

Cek oli mesin tak kurang dan juga tidaklah ada inovasi warna yang digunakan menandakan adanya masalah, seperti warna cokelat susu yang tersebut menunjukan pelumas tercampur air. Oli merupakan cairan yang tersebut dibutuhkkan sebagai pelumas antar komponen bergerak pada mesin lalu sistem penggerak lainya.

4. Radiator

Pastikan air radiator penuh kemudian periksa apakah ada kebocoran pada selang serta rumah radiator. Selain itu, periksa juga cairan kendaraan lainnya, seperti minyak kopling, air aki, air pembersih kaca, oli transmisi, kemudian minyak power steering hidrolis. Pastikan volumenya bukan berkurang lalu sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

5. Panel instrumen mobil

Periksa juga indikator pada panel instrumen mobil. Cukup memutar kunci kontak dalam ON kemudian lihat indikator dalam panel instrumen. Jika tiada ada masalah, lanjutkan dengan menyalakan mesin. Dengarkan bila ada pernyataan aneh, sebaiknya bawa kendaraan ke bengkel.

6. Kabin mobil

Gunakan vacum cleaner untuk mengangkat kotoran. Keluarkan karpet juga bersihkan seluruh area kabin , termasuk rongga dan juga celah kolong kabin untuk melakukan konfirmasi bukan ada kotoran yang tertinggal.

ANTARA

Berencana Mudik Pakai Mobil? Cek Dulu 11 Komponen Ini adalah agar Aman

Related posts

Leave a Reply