5 Bek Tangguh Timnas Indonesia untuk Tantang Vietnam di Masa Depan

BolaRakyat PSSI terus berusaha membangun Timnas Indonesia yang kuat dan tangguh di masa depan. Termasuk dengan kembali menaturalisasi pemain keturunan.

Terbaru.pada Rabu (6/12/2023), bek Wolverhampton Wanderers U-21, Justin Hubner resmi disumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Ia merupakan pemain keturunan yang memiliki darah Belanda dan Indonesia.

Read More

Dengan bergabungnya Justin Hubner, kekuatan Timnas Indonesia terutama di lini belakang diyakini akan semakin kuat. Ia punya pengalaman berkompetisi di level sepak bola tertinggi, yakni Liga Inggris.

Selain itu, ada satu bek lagi yang tinggal mengambil sumpah setia sebagai WNI, yakni Jay Idzes. Keputusan presiden (Keppres) tentang pemberian kewarganegaraan Indonesia terhadap pemain asal Venezia tersebut juga sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bergabungnya Justin Hubner dan Jay Idzes ini membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong punya banyak pilihan di lini belakang. Sebab, masih ada nama-nama seperti Elkan Baggott, Jordi Amat dan Rizky Ridho.

Hal ini jadi modal yang cukup baik untuk menghadapi lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2026. Di dua laga awal, Timnas Indonesia meraih hasil yang tidak maksimal setelah kalah 0-4 dari Irak dan bermain imbang 1-1 kontra Filipina.

Berikut 5 Bek Tangguh yang Bisa Diandalkan Indonesia menghadapi Vietnam:

Justin Hubner

Justin Hubner punya pengalaman bermain di kompetisi level tinggi, yakni Liga Inggris U-21 bersama Wolverhampton Wanderers U-21. Ia bahkan berstatus sebagai kapten di tim tersebut.

Pengalaman itu tentu jadi modal untuk Justin Hubner di Timnas Indonesia. Kedatangannya akan membuat Skuad Garuda semakin kuat.

Elkan Baggott

Elkan Baggott sudah menjadi andalan Indonesia sejak Piala AFF 2020. Sama seperti Justin Hubner, Elkan Baggott juga berpengalaman ditempa di level sepak bola Inggris.

Pemain Ipswich Town itu punya keunggulan juga dari sisi postur. Hal itu tidak hanya bisa dijadikan untuk memotong umpan lawan, tetapi juga untuk mencetak gol saat Timnas Indonesia dalam situasi mendapatkan bola mati, terutama sepak pojok.

Jordi Amat

Jordi Amat dikenal sebagai ball-playing defender. Pemain Johor Darul Ta’zim (JDT) itu bisa membangun serangan dari bawah karena punya kemampuan melepaskan umpan panjang yang akurat.

Dari sisi pengalaman, Jordi Amat pernah bermain untuk Swansea City sampai Espanyol. Pengalamannya bermain bersama JDT juga sangat berguna karena tim tersebut sering tampil di level kompetisi antarklub Asia.

Jay Idzes

Jay Idzes jadi tambahan kekuatan untuk lini belakang. Karena itu, ia dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Jay Idzes berpengalaman bermain di Venezia, yang berkompetisi di Serie B Italia. Kedatangannya bisa menjadi angin segar untuk Skuad Garuda.

Rizky Ridho

Rizky Ridho merupakan satu-satunya pemain lokal di daftar ini. Penggawa asal Persija Jakarta itu selalu jadi andalan di Timnas Indonesia, baik di kelompok umur maupun senior.

Rizky Ridho dikenal punya ketenangan dan pembacaan bola yang sangat baik. Postur tubuhnya pun mendukungnya sebagai seorang bek tengah.

Related posts

Leave a Reply