PT LIB Terus Matangkan Penggunaan VAR

BolaRakyat –  Video Assistant Referee (VAR) akhirnya digunakan dalam pertandingan resmi. Bukan di laga BRI Liga 1 memang, tapi penggunaan VAR dipakai di laga final Elite Pro Academy (EPA) U-20 2023/2024 antara Persis Solo U-20 vs Persita Tangerang U-20 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Kamis (7/3/2024).

Dalam laga itu, menjadi langkah PT LIB selaku penyelenggara liga meninjau penggunaan VAR dalam sebuah pertandingan resmi, sebelum pada akhirnya akan diterapkan pada level tertinggi sepak bola Indonesia.

Read More

Sebelumnya VAR memang sempat dijadwalkan mulai diterapkan pada Februari 2024. Namun, karena berbagai kendala dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM), pelaksanaannya diundur pada fase Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

Pasalnya, sebelum bisa digunakan pada kompetisi level profesional, harus ada persetujuan terlebih dahulu dari FIFA. Setelah ini, masih ada beberapa tahap uji coba sebelum VAR benar-benar mengaplikasikan teknologi itu di Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

PT LIB Disambut Baik Ketua Umum PSSI

Sementara itu Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyambut baik uji coba di final EPA yang merupakan kompetisi usia muda.

“Seperti kita tahu, VAR menjadi salah satu standar kompetisi sepak bola profesional yang baik.

Uji coba VAR kali ini merupakan angkatan pertama dan direncanakan berlangsung hingga April dalam jumlah 13-16 pertandingan.

“Karena itu, saya minta para wasit yang bertugas dan berkesempatan uji coba VAR bisa menerapkan ilmu pelatihan sebaik-baiknya. Apalagi selama uji coba ini, FIFA akan melakukan assessment/penilaian untuk VAR batch 1,” tambahnya.

Related posts

Leave a Reply