Klarifikasi Indra Sjafri Usai Timnas U-20 Indonesia vs Thailand Berakhir dengan Kekalahan 0-2

Klarifikasi Indra Sjafri Usai Timnas U-20 Indonesia vs Thailand Berakhir dengan Kekalahan 0-2

Jakarta – Timnas U-20 Indonesia gagal melanjutkan tren kemenangan di area laga kedua Seoul Earth on Us Cup 2024 ketika menghadapi Thailand di tempat Mokodong Stadium, Seoul, Korea Selatan, Jumat, 30 Agustus. Turun dengan susunan pemain berbeda dari pertandingan sebelumnya, Skuad Garuda kalah 0-2.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-20 mencatatkan data kemenangan 2-1 dari Argentina. Mereka mampu bangkit dari ketertinggalan satu gol di dalam fase pertama dengan mencetak dua gol balasan di dalam sesi kedua. Dalam laga itu, kedua gol dicetak oleh Kadek Arel serta Maouri Simon lewat tendangan penalti.

Read More

Saat menghadapi Thailand, pembimbing Indra Sjafri menurunkan beberapa pemain yang dimaksud sebelumnya tiada dimainkan sebagai starter, termasuk kiper I Wayan Arta Wiguna dan juga bek Rahmat Syawal. Setelah itu, usai jeda pergantian babak, ia melakukan pergantian empat pemain sekaligus. Dia memasukkan penjaga gawang Rifky Tofani, Meshaal Hamzah Bashier Osman, Aditya Warman, dan juga Camara Ousmane. 

Di putaran pertama, gawang regu asuhannya kebobolan pada menit kesepuluh oleh Caelan Ryan. Gol ini terjadi akibat kesalahan pemain belakang pada waktu mengoper bola di tempat kotak, sehingga mampu diserobot pemain Thailand lalu akhirnya berkahir dengan gol untuk kelompok lawan. 

Timnas U-20 Indonesia tak bisa jadi mencetak gol balasan di area fase pertama, bahkan prospek gol pun tak berbagai dihasilkan. Mereka cenderung tertekan juga sulit mengembangkan permainan. 

Di putaran kedua, permainan berubah membaik. Pasukan Garuda bermain agresif. Sejumlah kesempatan mampu diciptakan dengan berulang kali bisa jadi memberikan ancaman lewat serangan cepat. 

Namun, Kadek Arel serta rekan-rekannya masih tak bisa jadi mencetak gol balasan. Bahkan, menjauhi akhir laga, ketika tambahan waktu, gawang Indonesia kembali kebobolan oleh aksi individu Rattapoom Pankejohn. 

Seusai pertandingan, Indra Sjafri menjelaskan mengenai alasannya melakukan inovasi kelompok untuk pertandingan melawan Thailand. Ia menegaskan, apa yang tersebut dilakukannya lantaran memang benar tujuan mengikuti kejuaraan ini untuk persiapan kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

“Pertama, lawan Thailand, kami turun dengan line up berbeda, lantaran tujuan kami di area kompetisi ini adalah mencoba pemain baru yang digunakan itu penting sekali untuk mengambil kesimpulan, apakah mereka itu itu benar-benar berkualitas atau tidak. Jadi memang sebenarnya ada perubahan,” kata Indra seperti disitir dari rekaman konferensi pers yang digunakan dibagikan kelompok media PSSI, Jumat.

“Yang kedua, kami coba sesi kedua untuk melakukan pergantian. Ada dua sampai tiga pemain baru,” ucapannya menambahkan. 

Saat pertandingan melawan Thailand, Ji Dan Bin yang turun dari bangku cadangan pada menit ke-72 tak bisa jadi bermain penuh. Dia ditandu meninggalkan lapangan pada menit ke-86 pasca tampak kesakitan sembari memagang lutut kanannya usai bentrok dengan pemain Thailand.

Mengenai kondisi Ji Da Bin, Indra belum bisa jadi menjamin bagaimana kondisi cedera pemainnya tersebut. “Masih diobservasi pasukan dokter, nanti akan dilaporkan ke saya.” 

Setelah Da Bin meninggalkan lapangan, Skuad Garuda bermain dengan 10 pemain. Menyinggung mengenai itu, Indra mengakui hal itu tentu menjadi masalah. Namun, ia menyatakan bahwa timnya kerap melakukan simulasi bagaimana bermain dengan 10 pemain. Jadi, kata dia, sebenarnya hal itu sudah ada diantisipasi.

Timnas U-20 Indonesia masih mempunyai satu laga tersisa dalam event Seoul Earth on Us Cup 2024, yakni menghadapi pasukan tuan rumah Korea Selatan pada Minggu, 1 September nanti. 

Terkait persiapan untuk laga pamungkas itu, Indra mengungkapkan timnya akan mempersiapkan diri dengan baik. “Kami punya waktu satu hari untuk istirahat, kami akan gunakan untuk persiapan kemudian akan memberikan susunan terbaik,” ujarnya. 

Jadwal Timnas U-20 Indonesia di area Seoul Earth on Us Cup 2024

Rabu, 28 Agustus 2024
14.00 WIB: Timnas U-20 Indonesia vs Argentina, skor 2-1 

Jumat, 30 Agustus 2024
14.00 WIB: Timnas U-20 Indonesia vs Thailand, skor 0-2

Minggu, 1 September 2024
17.30 WIB: Timnas U-20 Indonesia vs Korea Selatan 

Related posts

Leave a Reply