Laga Timnas Indonesia vs Australia pada Kualifikasi Piala Planet 2026 Bakal Pakai VAR Mobile Kejuaraan 1

Laga Timnas Indonesia vs Australia pada Kualifikasi Piala Planet 2026 Bakal Pakai VAR Mobile Kejuaraan 1

Jakarta – Duel Timnas Indonesia vs Australia akan tersaji di lanjutan putaran ketiga kualifikasi Piala Global 2026 zona Asia di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Ibukota Pusat, Selasa, 10 September 2024. Panitia pengurus akan menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) pada pertandingan ini.

Berdasarkan pantauan Tempo, VAR yang tersebut akan digunakan untuk pertandingan nanti merupakan VAR yang mana biasa dipakai pada laga Kompetisi 1 2024-2025. Hal itu terlihat dari penampakan VAR Mobile yang tersebut telah terparkir di dalam area Pintu Kuning Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, DKI Jakarta Pusat, pada Senin, 9 September 2024.

Read More

Terlihat beberapa petugas sedang mengecek kesiapan VAR. Di pada camper van bertuliskan logo Kejuaraan 1 tersebut, terpasang beberapa monitor yang nantinya akan segera memantau insiden-insiden yang terjadi sepanjang pertandingan. Ini adalah merupakan kali pertama laga kandang Timnas Indonesia menggunakan VAR.

Gelaran Kompetisi 1 2024-2025 memang sebenarnya telah lama menghadirkan VAR. Kendaraan yang digunakan merupakan truk camper van model eCanter. Sebelumnya model VAR yang dimaksud juga sudah pernah diuji coba di pertandingan fase Championship Series Kejuaraan 1 2023-2024.

Berbeda dari sebelumnya, penyelenggaraan pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia memang benar menggunakan VAR. Termasuk pada duel terakhir antara Timnas Indonesia vs Arab Saudi.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji sudah mengonfirmasi pemakaian VAR pada pertandingan Tim Merah Putih nanti malam. “Iya (laga Timnas Indonesia vs Australia) akan menggunakan VAR. Pemanfaatan VAR itu sudah ada sesuai regulasi,” ujar Sumardji pada waktu dihubungi Tempo, Selasa, 10 September 2024.

Laga Timnas Indonesia vs Australia akan berlangsung dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Ibukota Pusat, pada Selasa, 10 September 2024, mulai pukul 19.00 WIB. Skuad Garuda pada waktu ini menempati peringkat keempat klasemen sementara grup C dengan koleksi satu poin, sementara Socceroos berada di dalam urutan kelima usai sebelumnya kalah dari Bahrain.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sebelumnya melakukan konfirmasi para pemain pada kondisi fit menghadapi laga kontra Australia. Ia mengumumkan Skuad Garuda akan bekerja keras untuk meraih hasil terbaik. “Para pemain tidak ada akan menyerah, bagaimana pun caranya, mereka akan menjadikan laga kandang ini sebagai pertandingan baik melawan Australia,” ujar ia di pertemuan jumpa pers di tempat Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Ibukota Indonesia Pusat, Senin, 9 September 2024.

Tampilan VAR Mobile Kompetisi 1 yang tersebut akan digunakan untuk laga Timnas Indonesia vs Australia di area Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin, 9 September 2024. TEMPO/Randy.

Kekuatan Timnas Indonesia Jadi Sorotan Industri Media Australia Menjelang Laga Kualifikasi Piala Global 2026

Related posts

Leave a Reply