Hasil Kualifikasi Piala Bumi 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia vs Cina 1-2, Thom Haye Cetak Gol di dalam Menit Akhir

Hasil Kualifikasi Piala Bumi 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia vs Cina 1-2, Thom Haye Cetak Gol dalam pada Menit Akhir

Jakarta – Timnas Indonesia ditekuk oleh Cina dengan skor 1-2 di area pada turnamen putaran ketiga Kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia di area Stadion Qingdao Youth Football Stadium, Selasa, 15 Oktober 2024.

Kedua gol Cina tercipta di dalam sesi pertama, melalui Baihelamu Abuduwaili pada menit ke-21 serta Yuning Zhang dalam menit ke-44. Sementara gol balasan dari Indonesia dibuat oleh Thom Haye di dalam putaran kedua pada menit ke-86.

Read More

Hasil pertandingan itu menjadi kekalahan pertama regu asuhan Shin Tae-yong di area putaran ketiga. Sementara, bagi Cina, hasil ini adalah kemenangan pertamanya, sekaligus tiga poin pertama yang digunakan merek dapatkan.

Meski gagal menambah poin, tempat Indonesia tetap saja di area urutan kelima klasemen sementara Grup C dengan tiga poin, sejenis dengan Cina yang dimaksud masih berada dalam sikap juru kunci dikarenakan kalah selisih gol dari skuad Garuda.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Indonesia mendominasi penguasaan bola serta bermain menekan selama 10 menit awal. Witan Sulaeman mendapatkan kesempatan pada menit kesembilan, tetapi ia sempat terjungkal sehingga kehilangan bola. Selang semenit kemudian, Ragnar Oratmangoen mengurangi tembakan keras, namun bola masih melambung pada menghadapi gawang.

Ancaman pertama gawang Indonesia terjadi pada menit ke-20. Nathan Tjoe-A-On melakukan pelanggaran sehingga Cina mendapatkan kesempatan melakukan tendangan bebas. Dari tendangan bebas itu, Indonesia kebobolan oleh Baihelamu Abuduwaili. Dia dengan sigap mampu menyelesaikan umpan dari Shenlong..

Setelah kebobolan, Skuad Garuda bermain tak seagresif di dalam awal serta justru mendapatkan serangan berkali-kali. Sementara, Cina lebih banyak nyaman juga lebih banyak berani. Shayne Pattynama sempat salah umpan yang digunakan kemudian dimanfaatkan pemain tuan rumah. Namun, upaya mereka kala itu masih sanggup digagalkan kiper Maarten Paes.

Asnawi Mangkualam juga rekan-rekannya mampu menciptakan sejumlag potensi gol. Akan tetapi, gol balasan tak jua tercipta. Ivar Jenner serta Ragnar sempat memberikan ancaman ke gawang Cina, tetapi belum membuahkan hasil. 

Ketika sibuk menggempur pertahanan kelompok tuan rumah, Cina mampu memperbesar keunggulan pada menit ke-44. Zhang Yuning yang dimaksud mendapatkan umpan terobosan dari Yuangyi Li, tak disia-siakan. Dia bergerak ke depan gawang Indonesia lalu menjebloskannya. Kala itu, Mees Hilgers sempat mencoba menghentikannya, tetapi tak bisa. Maarten Paes yang dimaksud bergerak ke depan, juga tak bisa jadi mengagalkannya. Angka berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Cina. 

Babak Kedua

Juru taktik Shin Tae-yong mengganti tiga pemain sekaligus pada awal fase kedua. Thom Haye, Marselino Ferdinan, dan juga Rizky Ridho masuk. Mereka menggantikan Witan Sulaeman, Shayne Pattynama, dan juga Mees Hilgers.

Seperti sesi pertama, Timnas Indonesia kembali menguasai permainan pada putaran kedua. Beberapa kali, Asnawi juga kawan-kawan melancarkan serangan, tetapi yang tersebut masih sanggup diatasi barisan pertahanan Cina kemudian kiper Wang Dalei.

Hingga menit ke-70 Timnas Indonesia masih mendominasi penguasaan bola. Pemain Cina yang digunakan mencoba menjaga gawangnya tidak ada kebobolan tak luput dari melakukan pelanggaran.

Sejumlah kesempatan mampu diciptakan pasukan Shin Tae-yong. Salah satu yang berbahaya terjadi pada menit ke-75. Asnawi melakukan tembakan tepat sasaran ke gawang Wang Dalei, tetapi sang kiper masih bsia menangakapnya.

Masuknya Pratama Arhan yang tersebut masuk pada menit ke-85 menggantikan Asnawi menjadi solusi kebuntuan Timnas Indonesia. Lewat lemparan jarak jarak jauh yang dimaksud dilakukakannya, terjadilah gol lewat Thom Haye. 

Bola lemparan Arhan yang tersebut mengarah ke depan gawang dihalau pemain Cina. Tetapi bolanya mengarah ke Thom dan juga bisa jadi diselesaikan menjadi gol pertama untuk Indonesia. Gol ini memperkecil ketertinggalan. Hasil semenatara  1-2.

Di sisa waktu pertandingan, pasukan Shin Tae-yong berjuang meningkatkan serangannya. Di satu sisi, pemain Cina melakukan upaya membuang-buang waktu. 

Peluang terakhir Indonesia terjadi pada menit keenam tambahan waktu putaran kedua. Arhan mengirim umpan silang ke depan gawang Wang Dalei, tetapi tak ada rekannya yang menyambut. Satu menit kemudian Jay Idzes justru mendapatkan kartu warna kekuningan oleh sebab itu memberikan bola ke Wang Dalei agar pertandingan sanggup dilanjutkan.

Setelah pertandingan di tempat kandang Cina ini, Timnas Indonesia akan memainkan dua pertandingan kandang menjamu Negeri Matahari Terbit serta Arab Saudi pada lanjutan laga putaran ketiga kualifikasi Piala Global 2026 zona Asia pada November mendatang.

Related posts

Leave a Reply