Jurgen Klopp: Pemain Berpengaruh Akhirnya Balik ke Liverpool

BolaRakyatJurgen Klopp mengatakan Wataru Endo merupakan pemain yang super berpengaruh dan sangat senang ia akhirnya sudah balik ke Anfield.

Setelah dibeli dari Stuttgart pada musim panas 2023 kemarin, Endo awalnya butuh waktu untuk beradaptasi. Ia pun lebih sering jadi pemain cadangan.

Read More

Endo kalah bersaing dengan Alexis Mac Allister, yang aslinya bukan seorang gelandang bertahan. Namun secara perlahan, pemain asal Jepang ini akhirnya bisa nyetel dengan skuad Liverpool.

Endo pun akhirnya rutin menjadi starter. Sayangnya di saat penampilannya lagi apik-apiknya, gelandang asal Jepang in harus cabut dari Liverpool untuk bermain di Piala Asia 2023.

Pemain Super Berpengaruh

Jurgen Klopp mengakui bahwa Wataru Endo cabut dari Liverpool di waktu yang salah. Tapi untungnya The Reds tetap bisa tampil oke di saat Endo absen sejak Januari 2024 kemarin.

Klopp lantas mengakui bahwa Endo adalah pemain yang sangat berpengaruh dalam permainan Liverpool. Sebab hadirnya pemain 31 tahun itu membuat rekan-rekannya yang lain bisa leluasa bermain menyerang.

“Dari sudut pandang itu, mungkin itu adalah hal yang salah (jika ia pergi). Selain itu, kami melewati periode tanpa dirinya dengan cukup baik. Itu cukup mengesankan,” tutur Klopp via Liverpool Echo.

“Tetapi sebelum ia pergi, ia super berpengaruh di lapangan. Ia memberi kami kesempatan di banyak momen untuk benar-benar melibatkan dan memperkenalkan banyak pemain ofensif karena perlindungannya luar biasa, begitu pula sisi permainannya,” pujinya.

Senang Endo Kembali

Wataru Endo akhirnya sudah balik ke Liverpool. Sebelumnya Timnas Jepang tersingkir dari Piala Asia 2023 di babak perempat final usai dikalahkan Iran 2-1.

Endo pun disebut bisa bermain lawan Burnley. Jurgen Klopp pun sangat senang gelandang petarungnya itu sudah balik, terlebih di saat ada pemain lain seperti Dominik Szoboszlai mengalami cedera.

“Ia terlihat baik sejak kembali. Dengan semua masalah yang kami hadapi saat ini dengan para pemain, sangat penting untuk mendapatkannya kembali,” tegas Klopp.

 

Related posts

Leave a Reply