Hal ini Hasil Pertemuan Prabowo Subianto dengan Menteri Perlindungan Australia

Hal ini Hasil Pertemuan Prabowo Subianto dengan Menteri Perlindungan Australia

Jakarta – Menteri Defense RI Prabowo Subianto rapat dengan Wakil Pertama Menteri Australia sekaligus Menteri Defense Australia Richard Marles pada 20 Agustus 2024 di tempat Canberra. Pertemuan itu didasari oleh komitmen bersatu kedua negara untuk mewujudkan kawasan yang mana damai, stabil, aman, dan juga sejahtera di area mana kedaulatan dihormati.

Australia di keterangannya menulis kedua negara mempunyai visi positif juga pandangan konstruktif dengan ASEAN sebagai pusatnya, yang mana memberikan pengaruh stabilisasi yang dimaksud penting. Dalam rapat itu, Marles sebagai Menteri Defense Australia kemudian Prabowo mengumumkan rampungnya negosiasi untuk meningkatkan Kerja Sama Defense Australia-Indonesia menjadi kesepakatan tingkat traktat.

Read More

Kedua Menteri Keamanan mendiskusikan kemajuan pada menguatkan hubungan pertahanan bilateral dalam berbagai aspek lalu bidang kerja sama, termasuk hubungan lembaga pendidikan yang digunakan lebih besar pada dan juga kerja mirip yang dimaksud lebih tinggi erat di dalam bidang keamanan maritim. Sedangkan mengikuti proses persetujuan domestik, Marles lalu Prabowo setuju bahwa Defence Cooperation Agreement (DCA) akan melengkapi Perjanjian antara Australia dan juga Indonesia tentang Kerangka Kerja Sama Security (Lombok Treaty) (2006) juga Deklarasi Bersama tentang Kemitraan Vital Komprehensif (2018) juga lebih banyak meningkatkan kekuatan hubungan bilateral kedua negara.

Setelah diimplementasikan, DCA akan menyokong kerja sebanding pertahanan Indonesia-Australia yang tersebut kuat serta kokoh dengan memperdalam dialog, meningkatkan kekuatan interoperabilitas, dan juga meningkatkan pengaturan praktis untuk keuntungan dengan kedua negara, dan juga menyoroti komitmen sama-sama untuk bekerja sebanding di memajukan perdamaian, stabilitas, serta kemakmuran pada kawasan ini.

Kedua menteri juga setuju menyelesaikan pengaturan implementasi untuk lebih lanjut mengefektifkan kerja serupa pertahanan kedua negara. Rapat antara Marles dan juga Prabowo ini sekaligus mencerminkan kedalaman kepercayaan strategis, rasa saling menghormati, lalu persahabatan antara Australia lalu Indonesia. 

Pilihan editor: Media negara Israel Curiga Drone Hizbullah Telah Merekam Kediaman Netanyahu

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di tempat Google News, klik di sini

Related posts

Leave a Reply