Pahami Tips-tips Berikut Sebelum Membeli Mobil Listrik

Pahami Tips-tips Berikut Sebelum Membeli Mobil Listrik

Jakarta – Di berbagai kota, tren pemanfaatan mobil listrik semakin meningkat. Hal ini bukan terlepas dari anggapan bahwa mobil listrik adalah solusi untuk hambatan lingkungan serta semakin langkanya material bakar fosil. eksekutif juga mengupayakan rakyat untuk menggunakan mobil listrik dengan menawarkan pajak yang tersebut lebih banyak rendah dibandingkan mobil konvensional.

Selain itu, mobil listrik dikenal dengan biaya perawatan yang minim. Hal ini disebabkan oleh ketiadaan komponen mesin lalu sistem mekanikal yang mana kompleks pada mobil listrik. Meskipun begitu, mobil listrik tetap memperlihatkan memerlukan perawatan agar performanya tetap memperlihatkan optimal.

Read More

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat mobil listrik:

1. Daya Baterai

Mengutip laman Nissan, penyimpan daya adalah komponen utama dari mobil listrik. Cara terbaik untuk menjaga kualitas sel adalah dengan menjamin kapasitasnya tidaklah kurang dari 40%. Pengisian maksimum disarankan antara 80% hingga 90% untuk menghindari degradasi lalu kerusakan baterai.

2. Jadwal Pengisian Baterai

Melansir laman Hyundai, salah satu cara untuk menjaga kualitas penyimpan daya adalah dengan menjadwalkan pengisian secara teratur. Idealnya, pengisian tak perlu diadakan setiap hari, tetapi disarankan setiap dua hari sekali.

3. Parkir dalam Tempat Sejuk

Saat menggunakan mobil listrik, pastikan Anda terus-menerus memarkir kendaraan di dalam tempat yang dimaksud sejuk juga menghindari tempat dengan suhu tinggi atau terkena sinar matahari langsung. Panas matahari dapat mempengaruhi kapasitas kemudian masa pakai elemen penyimpan daya mobil.

4. Pengecekan Software Secara Berkala

Mobil listrik modern dilengkapi dengan teknologi tinggi kemudian berbagai software untuk membantu operasionalnya. Oleh oleh sebab itu itu, pemahaman terhadap software yang disebutkan dan juga pengecekan rutin sangat penting. Salah satunya adalah mengetahui kapan software harus diperbarui agar mobil listrik masih pada performa terbaik.

Secara keseluruhan, merawat mobil listrik memerlukan perhatian khusus terhadap elemen penyimpan daya juga teknologi pendukungnya. Dengan menjaga kapasitas baterai, menjadwalkan pengisian dengan benar, memarkir di area tempat sejuk, serta rutin memeriksa software, mobil listrik Anda akan tetap saja berfungsi dengan optimal serta memiliki umur panjang.

Tips Merawat Baterai Mobil Listrik

Pada sejumlah mobil listrik, rata-rata memilikki garansi pada sel mencapai 10 tahun. Namun, pemanfaatan yang dimaksud tidak ada benar dapat berakibat pada berkurangnya kemampuan sel sehingga performanya akan menurun. Oleh dikarenakan itu, sebagai pengguna mobil listrik perlu memerhatikan perawatan baterai.

Megutip Hyundai, disebutkan bahwa hal paling penting yang digunakan harus diperhatikan untuk merawat akumulator adalah ketika mengisi penyimpan daya disarankan ketika tempat di dalam bawah 20%. Hal ini untuk mengurangi akumulator mengalami penurunan kinerja lebih besar cepat. 

Selanjutnya, waktu ideal untuk mengisi daya sel adalah setiap dua atau tiga hari sekali. Untuk terus menjaga daya akumulator lebih banyak tinggi dari waktu ke waktu disarankan untuk tiada melakukan akselerasi yang dimaksud berat pada waktu lama. Selain itu, untuk menjaga kualitas baterai, disarankan untuk memarkir mobil pada temapt yang mana teduh untuk mengempiskan elemen penyimpan daya lithium-ion terdegradasi lebih tinggi cepat ketika suhu naik.

Ketika mengisi akumulator mobil listrik, disarankan untuk tidaklah mengisinya hingga 100% oleh sebab itu akan memeprcepat degradasi pada baterai. Namun, kalau Anda akan menempuh perjalanan jauh, mengisi hingga 100% sangat disarankan.

Related posts

Leave a Reply