Jurgen Klopp Kembali Jadi Pelatih Borussia Dortmund untuk Kompetisi Testimonial

Jurgen Klopp Kembali Jadi Pelatih Borussia Dortmund untuk Kompetisi Testimonial

Jakarta – Jurgen Klopp kembali ke dunia kepelatihan secara tak terduga pada Sabtu, 7 September 2024. Pelatih Jerman yang dimaksud menganggur pasca meninggalkan Liverpool pasca akhir musim lalu itu mengambil alih klub lamanya Borussia Dortmund untuk pertandingan testimonial.

Laga itu diadakan untuk menghormati mantan pemain Dortmund Lukasz Piszczek juga Jakub Blaszczykowski. Keduanya pernah dilatih Klopp selama beliau berada di tempat klub Bundesliga itu pada 2008-2015.

Read More

Mats Hummels tak tampil di tempat laga tersebut. Namun, pemain yang digunakan masa bakti keduanya dalam Dortmund berakhir musim panas ini, juga mendapat kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal untuk klub.

Piszczek lalu Blaszczykowski menjadi bagian dari skuad asuhan Klopp yang mana mengungguli Bundesliga pada tahun 2011 lalu 2012. Keduanya juga turut membantu Dortmund mencapai final Turnamen Champions pada tahun 2013.

Bocoran pertandingan itu diunggah di dalam media sosial pada Jumat. “Taktik besok; susana yang mana menyenangkan lalu kekuatan persahabatan. Ada pertanyaan?” bunyi pernyataan Dortmund yang tersebut dibubuhkan di tempat samping foto Klopp sedang berada di dalam tempat latihan.

Jurgen Klopp. Instagram/Bvb09

Sebelumnya Klopp dikaitkan dengan rencana untuk menangani Timnas Inggris juga Amerika Serikat seusai meninggalkan Liverpool pada musim panas. Namun, ia menegaskan tak mau buru-buru bekerja kembali. 

“Sampai hari ini, itu cuma bagi saya sebagai pelatih,” kata Klopp di dalam Kongres Pelatih Internasional di tempat Wurzburg, Jerman. “Saya tidaklah berhenti begitu saja, tetapi itu adalah kebijakan umum. Saya juga telah dilakukan melatih klub-klub terbaik dalam dunia.”

“Mungkin kita bisa jadi membicarakannya lagi pada beberapa bulan. Saya masih ingin bekerja di area dunia sepak bola kemudian membantu orang lain dengan pengalaman serta kontak saya. Mari kita lihat apa lagi yang mana dapat saya lakukan.”

Menurut keterangan banyak sumber yang dihimpun ESPN pada Juli, Klopp Klopp bertekad untuk beristirahat setidaknya selama 12 bulan dari permainan setelahnya meninggalkan Liverpool. Mereka juga memberikan keterangan bahwa ia mungkin saja juga memilih untuk tidak ada kembali ke dunia sepak bola di kapasitas sebagai pelatih.

ESPN

Related posts

Leave a Reply