Pepe Cetak Rekor Pemain Tertua Sepanjang Sejarah Euro

Bola Rakyat – Sebuah rekor tercipta pada laga matchday pertama Grup F Euro 2024 antara Timnas Portugal dan Timnas Republik Ceko. Dimainkan sejak menit awal, Pepe cetak rekor sebagai pemain tertua dalam sejarah Euro.

Laga antara Portugal vs Rep. Ceko digelar di Stadion Leipzig pada Rabu (19/6/2024) dini hari WIB. Portugal meraih kemenangan dengan skor 2-1 atas Rep. Ceko.

Read More

Portugal tertinggal pada menit ke-62 usai Luka Provod bikin gol. Pasukan Roberto Martinez lantas membalikkan kedudukan lewat gol bunuh diri Robin Hranac pada menit ke-69 dan aksi Francisco Concecao pada menit 90+2.

Kemenangan yang sangat penting bagi kubu Portugal untuk membuka asa lolos ke babak 16 Besar. Selain ini, kemenangan ini juga punya arti penting dalam karier Pepe.

Pepe Cetak Rekor Baru

Timnas Portugal turun dengan formasi 3-4-2-1 saat berjumpa Rep. Ceko. Pelatih Roberto Martinez memainkan trio Ruben Dias, Pepe, dan Nuno Mendes di barisan pertahanan.

Dimainkan pada duel lawan Rep. Ceko, Pepe langsung mencetak rekor baru. Pemain yang pernah membela Real Madrid itu tercatat sebagai pemain tertua yang pernah bermain di Euro!

Pepe sudah berusia 41 tahun dan 113 hari saat dimainkan pada duel Portugal vs Rep. Ceko. Dan Pepe mengalahkan rekor pemain tertua yang sebelumnya dipegang Gabor Kiraly (2016), pada usia 40 tahun dan 46 hari.

Pepe, Definisi Tua Bukan Sembarang Tua!

Dari sisi usia, Pepe memang sudah tua. 41 tahun bukan usia muda bagi pemain sepak bola. Tidak banyak pemain pada usia itu masih bermain di top level, baik pada level klub maupun tim nasional.

Di laga melawan Rep. Ceko, Pepe bukan hanya simbol bagi Portugal. Pepe bukan hanya berperan sebagai ‘tua-tuaan’ di atas lapangan. Secara teknis, dia berkontribusi besar bagi Portugal.

Pepe memenangkan tujuh duel perebutan bola dengan lawan. Pepe juga melakukan tiga tekel dan dua sapuan. Dan Pepe masih berada pada level yang sangat kompetitif, pada usia yang tidak lagi muda.

Pepe dan Ronaldo Memburu Rekor

Pepe resmi menjadi pemain tertua yang bermain di Euro. Dia masih bisa mempertajam rekor tersebut. Sebab, Portugal minimal masih punya dua laga yang bisa dimainkan di Euro 2024.

Selain rekor pemain tertua, Pepe juga bisa memecahkan rekor lain. Pepe bica mengincar rekor pencetak gol tertua sepanjang sejarah Euro yang dipegang Ivica Vastic (2008) pada usia 38 tahun dan 257 hari.

Selain Pepe, Cristiano Ronaldo juga bisa memecahkan rekor tersebut. Ronaldo kini sudah berusia 39 tahun.

Related posts

Leave a Reply